Note

Emas tidak suka ekonomi Goldiclocks

· Views 32

Ketika ada terlalu banyak "bulls" di pasar, saatnya untuk memikirkan penjualan. Lonjakan XAU/USD ke rekor tertinggi telah menghasilkan banyak prediksi optimis. Dikatakan bahwa pada tahun 2024, emas tidak hanya dapat berkonsolidasi di atas $2,100 per ons tetapi juga tumbuh menjadi $2,300. Semua prediksi ini dibuat bukan karena, tetapi meskipun. Meskipun ekonomi AS tetap kuat, yang tidak menguntungkan untuk aset-aset safe-haven. Berbeda dengan fakta bahwa inflasi melambat, dan logam mulia secara tradisional dianggap sebagai perlindungan terhadap harga tinggi. Berbeda dengan sentimen pasar. Dan sekarang saatnya untuk membayar harganya.

Investor sepertinya telah mengabaikan kenaikan XAU/USD di atas 2,145. Mereka terus melepaskan diri dari produk ETF untuk bulan keenam berturut-turut. Cadangan dana terkait ETF secara cepat menyusut, mencabut dukungan kunci bagi "bulls" emas. Biasanya, tren naik dikonfirmasi oleh permintaan investasi yang tinggi.

Dinamika Gold ETF Reserves

Emas tidak suka ekonomi Goldiclocks

Dasar minat investor pada logam mulia terletak pada kemampuannya untuk melindungi risiko resesi. Namun, kemampuan ini harus dipertimbangkan dalam konteks seluruh portofolio. Emas digunakan sebagai alat untuk diversifikasi portofolio. Oleh karena itu, di tengah penjualan panik S&P 500 selama penurunan yang diinduksi pandemi pada tahun 2020, kuotasi XAU/USD juga turun. Para trader menjual emas untuk mendukung posisi saham yang merugi.

Sekarang, tidak ada kebutuhan untuk itu. Sebaliknya, kekhawatiran akan ketinggalan keuntungan dari kenaikan indeks saham umum memaksa investor untuk menjual logam mulia untuk menggunakan hasilnya untuk membeli lebih banyak sekuritas. Kesalahan terjadi pada rezim Goldilocks ketika inflasi turun dengan cepat, dan ekonomi terus tumbuh. Mungkin tidak secepat sebelumnya. Nasib XAU/USD bergantung pada apa yang akan terjadi.

World Gold Council menguraikan tiga skenario. Dalam kasus soft landing ekonomi AS, Fed tidak akan terburu-buru menaikkan suku bunga federal. Akibatnya, emas akan stabil. Sebaliknya, hard landing menandakan ekspansi moneter yang agresif, yang akan menjadi katalisator untuk reli logam mulia. Akhirnya, dalam skenario "tanpa pendaratan," ketika GDP AS terus tumbuh di atas tren, kuotasi XAU/USD akan turun. Namun, WGC memberikan hanya 10% peluang untuk skenario terakhir tersebut.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Emas tidak suka ekonomi Goldiclocks

TD Securities tetap optimis terhadap emas tetapi mendorong investor untuk bersabar. Tidak mungkin logam mulia akan menyenangkan para penggemarnya sebelum kuartal kedua. Pada kuartal pertama, ekonomi AS akan mempertahankan kekuatannya, dan Fed akan berhati-hati dalam menurunkan suku bunga federal. Secara keseluruhan, perusahaan memprediksi harga emas rata-rata sebesar $2,019 per ons pada tahun 2024.

Dengan demikian, XAU/USD telah kembali ke akarnya. Dinamikanya sekali lagi bergantung pada kebijakan moneter Federal Reserve. Namun, retorika hawkish Ketua Fed Jerome Powell setelah pertemuan FOMC Desember berisiko mendorong kuotasi lebih rendah.

Secara teknis, masuk akal untuk memainkan inside bar, menjual emas dari $1,979 dan $1,974 dan membelinya dari $1,997 per ons.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.