Note

Bagaimana trader bereaksi jika Fed mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah?

· Views 43

Setelah data inflasi AS kemarin, Federal Reserve memiliki peluang besar untuk mempertahankan sikap hawkish-nya tanpa mempertimbangkan harapan pasar. Sangat mungkin bahwa komite akan terus menjaga suku bunga tinggi, mempertahankan bunga pinjaman tidak berubah untuk pertemuan ketiga berturut-turut.

Bagaimana trader bereaksi jika Fed mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah?

Hari ini, diharapkan Federal Open Market Committee akan mempertahankan suku bunga antara 5,25% dan 5,5% setelah pertemuan kebijakan dua hari. Keputusan suku bunga dan pernyataan yang menyertainya akan dirilis setelah pidato dari Ketua Jerome Powell.

Baru-baru ini, Powell menyatakan bahwa masih terlalu dini untuk membahas kapan bank sentral akan mulai menurunkan suku bunga. Sebaliknya, pembuat kebijakan menekankan keinginan untuk berhenti sejenak dan menilai dampak biaya pinjaman yang lebih tinggi terhadap ekonomi. Menariknya, pernyataan semacam itu telah dibuat sejak musim gugur ini. Itu sebabnya situasinya kemungkinan besar tidak akan berubah hari ini, terutama di tengah angka inflasi terbaru.

Meskipun Federal Reserve telah membuat kemajuan, masih ada sedikit lagi yang harus dilakukan untuk mencapai tingkat target sekitar 2,0%. Untuk alasan ini, Wall Street akan fokus pada proyeksi suku bunga pejabat Federal Reserve—yang disebut dot plot—yang akan menunjukkan kapan komite mengharapkan untuk menurunkan suku bunga pada 2024 dan 2025. Para ekonom memprediksi dua pemotongan suku bunga tahun depan dan lima lainnya pada 2025, tetapi ada juga tingkat ketidakpastian yang tinggi. Beberapa pengamat Fed percaya FOMC berencana untuk melakukan pemotongan satu persen penuh pada 2024, sementara yang lain tidak melihat adanya pemotongan sama sekali.

Aspek penting lainnya adalah apakah komite akan menyesuaikan proyeksi inflasinya. Para ekonom mengharapkan proyeksi inflasi rata-rata untuk tahun 2023 turun menjadi 3,1% dari 3,3% pada September dan indeks pengeluaran konsumen pilihan Federal Reserve (indeks pengeluaran konsumen pribadi) turun menjadi 3,5% dari 3,7%.

Laporan CPI AS kemarin menunjukkan kenaikan harga pada bulan November dibandingkan dengan Oktober, didorong oleh kenaikan biaya perumahan dan harga sektor jasa. Angka-angka ini menyoroti sifat tidak stabil dari kembali ke tingkat target, seperti yang disebutkan baru-baru ini oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell.

Para ekonom juga mengharapkan FOMC akan meningkatkan pandangan pertumbuhan ekonomi untuk 2023 setelah kuartal ketiga yang sangat kuat, dengan perubahan kecil untuk pandangannya pada 2024.

Terkait pernyataan FOMC, Federal Reserve kemungkinan besar akan mempertahankan rekomendasi suku bunga saat ini, meninggalkan kemungkinan kenaikan lebih lanjut. Ini akan menjadi sinyal bearish yang jelas untuk aset risiko, terutama mata uang tunggal, karena diharapkan regulator Eropa akan mengadopsi sikap yang lebih lunak, yang akan kita ketahui besok.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Bagaimana trader bereaksi jika Fed mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah?

Pada konferensi pers, Powell kemungkinan akan mengulangi pandangannya bahwa masih terlalu dini untuk membahas pelonggaran kebijakan moneter. Kemungkinan besar, dia akan ditanya apakah dia setuju dengan Gubernur Fed Christopher Waller, yang mengakui bahwa bank sentral akan siap mempertimbangkan pemotongan suku bunga jika inflasi terus turun. Dia juga akan ditanyai tentang pandangannya terhadap kondisi keuangan, termasuk penurunan baru-baru ini dalam imbal hasil obligasi Pemerintah AS. Jawaban Ketua Fed akan memengaruhi arah jangka pendek dolar AS.

Bagaimana aset berisiko akan bereaksi terhadap semua ini adalah pertanyaan sulit. Kebijakan yang lebih lunak kemungkinan akan menyebabkan pertumbuhan, sementara pendekatan yang lebih keras akan mempertahankan tekanan pada instrumen perdagangan.

Terkait analisis teknis EUR/USD, pembeli sekarang harus mempertimbangkan cara mendapatkan kembali kendali di atas 1.0790. Jika bulls berniat merebut kembali pasar, mereka perlu mencapai 1.0830. Dari level ini, mencapai 1.0860 mungkin, tetapi melakukannya tanpa dukungan dari trader besar akan cukup menantang. Target terakhir adalah puncak di 1.0890. Jika terjadi penurunan, pembeli akan aktif hanya di sekitar 1.0760. Sebaliknya, bijaksana untuk menunggu pembaruan level rendah 1.0725 atau membuka posisi beli di 1.0670.

Adapun prospek pasangan GBP/USD, situasinya tetap cukup rumit di pasar bullish. Hanya konsolidasi di atas 1.2570 yang akan menghidupkan kembali peluang koreksi ke 1.2610, tetap mempertahankan harapan untuk pembaruan tertinggi 1.2640. Setelah itu, kita mungkin akan melihat lonjakan yang lebih signifikan menuju 1.2690. Jika pasangan ini turun, bears akan mencoba menguasai 1.2530. Jika mereka berhasil, menembus kisaran ini akan menghantam posisi bulls dan mendorong GBP/USD turun ke level rendah 1.2500 dengan potensi untuk meluncur ke 1.2450.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.