Note

Upaya Pupuk Kaltim Dorong Transformasi Hijau Industri Pupuk & Petrokimia

· Views 51
Upaya Pupuk Kaltim Dorong Transformasi Hijau Industri Pupuk & Petrokimia
Foto: Pupuk Kalimantan Timur
Jakarta

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) memperingati HUT ke-46 dengan terus menunjukkan komitmen kuat perusahaan dalam menumpang produktivitas pertanian dan ketahanan pangan bangsa yang lebih kokoh. Mengusung tema 'Growing Greener, Better Future', perayaan HUT ke-46 Pupuk Kaltim sekaligus menjadi penanda akan babak baru pertumbuhan perusahaan untuk menjadi pelopor transformasi hijau di industri pupuk dan petrokimia Tanah Air.

Diketahui, dalam upaya mewujudkan transformasi hijau industri, berbagai inisiatif telah diterapkan oleh Pupuk Kaltim melalui sejumlah program Environment, Social, and Governance (ESG), baik di lini operasional perusahaan maupun di level masyarakat dan lingkungan secara langsung. Pupuk Kaltim sendiri sudah mencanangkan roadmap dekarbonisasi untuk mencapai target penurunan sebesar 32% pada tahun 2030. Hal tersebut sejalan dengan target Net Zero Emission pada tahun 2060 yang dicanangkan oleh pemerintah.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan Pupuk Kaltim memiliki komitmen untuk menghadirkan berbagai inovasi yang membawa Pupuk Kaltim sebagai pioneer transformasi hijau industri di Indonesia. Sehingga hal ini menjadikan Pupuk Kaltim tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis saja, tetapi juga pada pelestarian lingkungan hidup.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Alhamdulillah, kini Pupuk Kaltim telah memasuki usia ke-46 dan terus menorehkan pencapaian-pencapaian positif terhadap pertumbuhan industri pupuk dan petrokimia Tanah Air. Kami menyadari bahwa sebagai perusahaan yang mengabdi kepada kesejahteraan masyarakat, Pupuk Kaltim tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada pelestarian lingkungan hidup. Karena itu, kami memiliki komitmen untuk melahirkan berbagai inovasi yang tetap on track membawa Pupuk Kaltim menjadi pioneer transformasi hijau industri di Indonesia," kata Soesilo dalam keterangan tertulis, Rabu (13/12/2023).

Soesilo menjelaskan melalui roadmap dekarbonisasi yang telah dirancang, program-program inovasi ESG yang digagas oleh Pupuk Kaltim telah berhasil memberikan dampak positif terhadap masyarakat maupun lingkungan. Berbagai inisiatif ESG ini pun terbagi menjadi dua etape. Etape pertama berfokus dalam menerapkan konsep sirkuler ekonomi dan offset carbon melalui berbagai kegiatan, seperti penanaman pohon (Community Forest), penggunaan sepeda dan motor listrik untuk operasional perusahaan, revamping pabrik, hingga penggunaan PLTS Atap di area operasional perusahaan.

Kemudian dilanjutkan dengan etape kedua, yaitu melakukan low carbon sourcing dan carbon capture storage yang dikemas dalam pengembangan teknologi dan inovasi untuk eksplorasi sumber energi terbarukan, salah satunya clean ammonia.

Soesilo juga memaparkan dari salah satu program ESG yang dijalankan Pupuk Kaltim, program Community Forest yang digagas sejak 2022 telah berhasil melakukan penanaman sebanyak 590.606 pohon di wilayah di Indonesia seperti Bontang, Sukabumi, dan Sorong. Dengan mengusung sinergi dan kolaborasi dengan beragam stakeholder mulai dari masyarakat, lembaga non-profit, hingga instansi pemerintah, Pupuk Kaltim menargetkan melakukan penanaman pohon di berbagai wilayah sambil berkontribusi terhadap potensi penyerapan emisi karbon sebesar 600.000 ton CO2 per tahun.

Selain dari sisi kepedulian perusahaan terhadap lingkungan daratan, Pupuk Kaltim turut melihat pentingnya menjaga ekosistem lautan. Sejak tahun 2009, Pupuk kaltim telah berkontribusi dalam upaya rehabilitasi terumbu karang. Kini, Pupuk Kaltim akan meluncurkan program Center of Excellence (COE) Terumbu Karang dan telah menanam media terumbu karang pada program rehabilitasi seluas 10.371 meter persegi dari tahun 2011 hingga 2022 di Kota Bontang.

Lebih lanjut, Soesilo mengatakan atas berbagai inisiatif ESG yang dilakukan, Pupuk Kaltim berhasil mendapatkan berbagai penghargaan dan pengakuan antara lain Predikat Platinum pada ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT), Proper Emas pada Public Disclosure Program for Environmental Compliance (PROPER) dari KLHK, Kategori Platinum pada SNI Award, empat kategori Platinum di TJSL & CSR Award dan Juara kedua pada kategori Non Go Publik Non Keuangan pada Annual Report Award (ARA) 2023. Pupuk Kaltim juga turut berhasil menyabet peringkat pertama dunia sektor agrokimia di penilaian ESG Risk Rating Sustainalytics dengan skor ESG terkini sebesar 21,3.

"Prestasi ini menegaskan posisi Pupuk Kaltim sebagai perusahaan pupuk dan petrokimia yang unggul dan bertanggung jawab. Dengan tekad kami untuk menjadi pelopor dalam transformasi hijau di industri pupuk dan petrokimia Indonesia, Pupuk Kaltim akan semakin gencar dalam menghadirkan inovasi yang berkeberlanjutan dan mampu mensejahterakan masyarakat," ujar Soesilo.

"Di usia ke-46 yang semakin matang ini, kami dengan sukacita menyambut dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat untuk dapat menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan," pungkasnya.



Simak Video "Jokowi Groundbreaking Industri Pupuk di Fakfak, Harap Harganya Lebih Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.