Note

Biaya Hidup di Jakarta Tembus Hampir Rp15 Juta per Bulan, Upah Kok Sulit Naik?

· Views 20
Biaya Hidup di Jakarta Tembus Hampir Rp15 Juta per Bulan, Upah Kok Sulit Naik?
Biaya Hidup di Jakarta Tembus Hampir Rp15 Juta per Bulan, Upah Kok Sulit Naik? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2022 pada Selasa (12/12/2023). Menurut survei tersebut, DKI Jakarta menjadi kota dengan biaya hidup tertinggi nasional.

BPS mencatat nilai konsumsi rata-rata per rumah tangga di ibu kota negara ini tembus Rp14,88 juta per bulan.

Baca Juga:
Biaya Hidup di Jakarta Tembus Hampir Rp15 Juta per Bulan, Upah Kok Sulit Naik? Perusahaan Tak Gaji Karyawannya dengan Skala Upah Harusnya Disanksi Pidana

"Nilai konsumsi yang tinggi ini disebabkan karena biaya hidup di kota tersebut tinggi," kata Pudji Ismartini, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS.

Kota Bekasi menjadi kawasan dengan rata-rata biaya hidup rumah tangga terbesar kedua yang berkisar Rp14,33 juta per bulan. (Lihat grafik di bawah ini.)

Baca Juga:
Biaya Hidup di Jakarta Tembus Hampir Rp15 Juta per Bulan, Upah Kok Sulit Naik? Gandeng ILO, Bank DKI Dukung OJK Dorong Pengupahan Tenaga Kerja Secara Digital

Biaya Hidup di Jakarta Tembus Hampir Rp15 Juta per Bulan, Upah Kok Sulit Naik?

SBH 2022 sendiri merupakan survei untuk mengukur biaya hidup berdasarkan nilai konsumsi rata-rata rumah tangga per bulan.

Baca Juga:
Biaya Hidup di Jakarta Tembus Hampir Rp15 Juta per Bulan, Upah Kok Sulit Naik? Hasil Sensus Pertanian 2023: Nilai Upah Petani Padi Kecil dan Jauh dari Sejahtera

Pengukuran dilakukan terhadap sampel 240 ribu rumah tangga yang tersebar di 150 kabupaten/kota. Dengan mencatat pengeluaran konsumsi bulanan untuk komoditas makanan dan non-makanan.

Terdapat sejumlah kriteria rumah tangga yang disurvei menjadi sampel SBH 2022 di antaranya, memiliki anggota rumah tangga antara 2-10 orang, memiliki minimal satu anggota rumah tangga yang bekerja (menerima upah/gaji atau berusaha), dan rumah tangga yang tidak berencana pindah selama periode pencacahan.

Di sisi lain, menurut survei tersebut, Cilacap menjadi daerah dengan biaya hidup terendah nasional diikuti oleh Maumere dan Sibolga. Rata-rata biaya hidup rumah tangga Cilacap pada 2022 sekitar Rp5,4 juta per bulan.

Upah Sulit Naik

Di tengah tingginya biaya hidup, kondisi ini tidak dibarengi dengan kenaikan pendapatan masyarakat Indonesia.

Terlihat dari upah minimum tahun ini yang ditetapkan naik di bawah 10 persen, dengan inflasi kembali meningkat per November 2023. Sementara pemerintah menargetkan inflasi tahun 2024 sebesar 2,8 persen. Untuk itu, buruh terus menuntut kenaikan UMP tahun 2024 sebesar 15 persen.

Jika ditengok, Indonesia bahkan kembali masuk ke daftar negara berpendapatan menengah-atas (upper-middle income) pada 2022.

Menurut data terbaru Bank Dunia, pendapatan nasional bruto alias Gross National Income (GNI) per kapita Indonesia sebesar USD4.580 pada 2022 atau naik sekitar 9,8 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Jika dirupiahkan menggunakan kurs saat ini, nilai ini setara Rp71.758.753 per tahun alias Rp5.979.896 per bulan (kurs Rp15.667 per USD). (Lihat grafik di bawah ini.)

Biaya Hidup di Jakarta Tembus Hampir Rp15 Juta per Bulan, Upah Kok Sulit Naik?

Angka ini hanya sedikit di atas upah riil (real wage). Upah riil adalah upah yang disesuaikan dengan inflasi, atau setara dengan upah berdasarkan jumlah barang dan jasa yang dapat dibeli. Istilah ini digunakan sebagai lawan dari upah nominal atau upah yang tidak disesuaikan.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.