Note

EUR/USD. Laporan CPI: ujian pertama dolar

· Views 23

1,0500 atau 1,1000? Pasangan EUR/USD berada di persimpangan antara dua kemungkinan skenario, yang masing-masing, menurut mereka, mempunyai hak untuk tetap ada. Jalur menuju angka 1,10 menyiratkan penurunan lebih lanjut dalam inflasi AS dan sikap Federal Reserve yang lebih lunak, dengan latar belakang retorika pengetatan Bank Sentral Eropa. Ini adalah komponen utama yang diperlukan untuk menjamin lonjakan harga dengan target akhir 1.1000. Skenario kedua mencerminkan skenario pertama: percepatan inflasi AS yang tidak terduga pada bulan November, sikap The Fed yang "cukup hawkish", dan sikap hati-hati dari ECB. Jika kondisi ini terpenuhi, menjual EUR/USD tidak memerlukan biaya apa pun untuk membuat lompatan 250 poin lagi menuju dasar angka ke-5 (perlu dicatat bahwa selama dua minggu terakhir, pasangan ini telah turun lebih dari 300 pips).

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD. Laporan CPI: ujian pertama dolar

Dengan kata lain, keseimbangan bisa miring ke kedua arah. Dilihat dari sentimen umum komunitas ahli, sebagian besar analis cenderung ke arah skenario bearish, mengingat Non-Farm Payrolls baru-baru ini dan pernyataan yang cukup hawkish dari pejabat Fed, yang disuarakan bahkan sebelum "masa pemadaman" dimulai. Namun, menurut pendapat saya, saat ini greenback agak tidak stabil sehingga kami tidak dapat memastikan kelanjutan tren penurunan EUR/USD. Banyak hal akan bergantung pada dinamika pertumbuhan inflasi di bulan November.

Beberapa laporan inflasi dijadwalkan akan dirilis minggu ini. Yang paling penting adalah Indeks Harga Konsumen, yang akan diterbitkan pada hari Selasa, sehari sebelum pengumuman hasil pertemuan The Fed bulan Desember. Menurut sebagian besar ahli, CPI secara bulanan diperkirakan akan tetap berada di angka nol (seperti bulan sebelumnya), sedangkan secara tahunan, diperkirakan akan turun menjadi 3,1% (setelah kenaikan dalam tiga bulan, indikator kembali menunjukkan tren berurutan menurun). Indeks inti, tidak termasuk harga pangan dan energi, diperkirakan akan sedikit meningkat secara bulanan (0,3% setelah 0,2% pada bulan sebelumnya) dan tetap pada level bulan Oktober secara tahunan (4,0%).

Pada hari Rabu, 13 Desember, beberapa jam sebelum "putusan" The Fed, kita akan mempelajari nilai Indeks Harga Produsen bulan November. Kenaikan kecil pada PPI diperkirakan terjadi secara bulanan – sebesar 0,1%, menyusul penurunan di bulan Oktober menjadi -0,5%. Namun secara tahunan, indikatornya diperkirakan mencapai 1,0%. Penting untuk dicatat bahwa PPI secara konsisten menurun selama 12 bulan, mencapai 0,2% pada bulan Juni tahun ini. Namun kemudian harga mulai mendapatkan momentumnya lagi, mencatat tren naik selama tiga bulan (naik 2,2% di bulan September). Pada bulan Oktober, indikator ini turun menjadi 1,3%, jadi jika indikator tersebut keluar pada bulan November sesuai atau di bawah perkiraan, hal ini mungkin mengindikasikan kemungkinan tren turun baru. PPI inti diperkirakan turun menjadi 2,3% secara tahunan – nilai indikator terendah sejak Januari 2021.

Keesokan harinya, pada hari Kamis, AS akan merilis indikator inflasi lainnya – Indeks Harga Impor. Para ahli juga memperkirakan tren turun baik secara tahunan (-1.9%) dan bulanan (-0.7%).

Indeks inti Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) – salah satu indikator inflasi utama bagi The Fed – akan dipublikasikan minggu depan (22 Desember), jadi mari kita kesampingkan hal tersebut untuk saat ini. Namun, laporan di atas bukan pertanda baik bagi greenback. Terutama, fokusnya adalah pada CPI. Dinamika indikator ini dapat mempengaruhi posisi The Fed dalam konteks pertemuan bulan Desember. Jika CPI keluar pada tingkat yang diperkirakan (apalagi di zona merah), perwakilan dari "sayap dovish" The Fed dapat menyatakan posisi mereka dengan lebih meyakinkan. Faktor ini juga dapat mempengaruhi dot plot The Fed. Perlu diingat pernyataan Christopher Waller baru-baru ini, seorang anggota Dewan Gubernur, yang mulai membahas kondisi penurunan suku bunga. Menurutnya, bank sentral akan kesulitan untuk membenarkan mempertahankan status quo jika inflasi terus melambat selama "tiga, empat, lima bulan."

Ngomong-ngomong, setelah rilis inflasi bulan Oktober, ahli strategi mata uang di Goldman Sachs menyesuaikan ekspektasi mereka mengenai waktu putaran pertama pengurangan stimulus (tapering). Sebelumnya, mereka meyakini penurunan suku bunga The Fed yang pertama akan terjadi pada kuartal keempat tahun 2024. Kini, ekspektasi tersebut bergeser ke kuartal ketiga tahun 2024. Sementara itu, menurut CME FedWatch Tool, kemungkinan penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin akan terjadi. pada pertemuan bulan Mei saat ini mencapai 49%.

Oleh karena itu, rilis inflasi yang dijadwalkan minggu ini mungkin memainkan peran penting dalam membentuk sikap The Fed (terutama mengenai CPI) dan dalam memperkuat/melemahkan sentimen dovish secara keseluruhan di pasar. Mengingat tingginya tingkat ketidakpastian, disarankan untuk mempertahankan posisi menunggu dan melihat pada pasangan EUR/USD – laporan CPI dapat secara signifikan "menggambar ulang" gambaran fundamental untuk semua pasangan dolar.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.