Note

Medco Energi (MEDC) Resmi Miliki 20 Persen Blok Migas Milik Oman

· Views 28
Medco Energi (MEDC) Resmi Miliki 20 Persen Blok Migas Milik Oman
Medco Energi (MEDC) Resmi Miliki 20 Persen Blok Migas Milik Oman (Foto: MNC Media)

IDXChannel – PT Medco Energi Internasional Tbk atau MedcoEnergi (MEDC) akhirnya resmi memiliki 20% saham di dua blok migas Exploration and Production Sharing Agreements (EPSA) Oman.

MedcoEnergi mengakuisisi 20% kepemilikan atas EPSA produksi Blok 60 dan 20% kepemilikan atas PSA eksplorasi Blok 48. Keduanya berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat Oman dekat perbatasan Arab Saudi. 

Baca Juga:
Medco Energi (MEDC) Resmi Miliki 20 Persen Blok Migas Milik Oman Harga Minyak Turun Bikin Saham MEDC Terjun Bebas

Blok 60 mencakup area seluas 1.485 km2 dan memproduksi ~63 mboepd dari lapangan minyak Bisat dan lapangan gas Abu Butabul, kontrak EPSA akan berakhir pada 2048. Sedangkan Blok 48 yang lokasinya berdekatan, mencakup area seluas 2.995 km2 dan memiliki potensi minyak dan gas yang signifikan.

OQEP akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut dan akan memfasilitasi pertukaran keahlian dalam eksplorasi gas, pengembangan lapangan, penerapan teknologi serta proses keberlanjutan melalui penempatan pekerja MedcoEnergi di operasi bersama dan penugasan korporasi bilateral.

Baca Juga:
Medco Energi (MEDC) Resmi Miliki 20 Persen Blok Migas Milik Oman Medco Melesat 5%, Raih Restu Akuisisi 2 Blok Migas Oman

OQEP adalah produsen terbesar ketiga di Oman dan merupakan anak usaha dari OQ Group SAOC, grup energi terintegrasi global milik Kesultanan Oman. 

Saat ini OQEP mengoperasikan tiga blok di Oman dan berpartisipasi dalam sejumlah joint ventures aset produksi dan eksplorasi di Oman dan Kazakhstan.

Baca Juga:
Medco Energi (MEDC) Resmi Miliki 20 Persen Blok Migas Milik Oman MEDC Kantongi Restu Akuisisi Dua Blok Minyak Oman

“Akuisisi ini memperkuat reputasi MedcoEnergi dalam inisiatif keberlanjutan dan pengembangan gas, serta menghadirkan sentra baru untuk terus mengembangkan produksi berbiaya-rendah," tulis Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro, Selasa (12/12/2023).

(DES)

Baca Juga:
Medco Energi (MEDC) Resmi Miliki 20 Persen Blok Migas Milik Oman Hadiri COP28 di Dubai, Medco (MEDC) Ungkap Empat Strategi Bisnis Berkelanjutan

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.