Note

EGCO Group Suntik Anak Usaha TPIA Senilai USD194 Juta

· Views 30

Pasardana.id - PT Chandra Daya Investasi (CDI), anak usaha PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (IDX: TPIA) meraih tambahan modal sebesar USD194 juta dari Electric Generating Public Company Limited atau EGCO Group (EGCO), produsen energi independent di Thailand.

Setelah menyelesaikan proses transaksi, EGCO akan memiliki 30 persen saham di anak usaha tersebut.

Sedangkan TPIA akan terus mempertahankan mayoritas saham sebesar 70 persen di CDI.

Presiden Direktur TPIA,  Erwin Ciputra menjelaskan, dana bersih yang diperoleh akan digunakan untuk pengembangan bisnis infrastruktur yang meliputi energi, air, dan fasilitas pelabuhan.

"Kami sangat senang dapat bergabung dengan EGCO sebagai mitra pertumbuhan baru untuk menciptakan sinergi yang tidak hanya akan meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga berkontribusi pada masa depan yang lebih berkelanjutan. Dengan memanfaatkan kekuatan, kami yakin kolaborasi ini akan membawa perubahan positif dalam lanskap infrastruktur di Indonesia," terang dia dalam keterangan resmi, Selasa (12/12/2023).

Ia menambahkan, EGCO Group terseleksi sebagai mitra pilihan perseroan untuk mendukung pertumbuhan eksponensial bisnis infrastruktur, setelah melalui proses seleksi investor strategis yang kuat dan komprehensif.

CEO EGCO Group, Thepparat Theppitak menegaskan, investasi baru ini selaras dengan tujuan tujuan strategis EGCO Group untuk mengakuisisi fasilitas pembangkit listrik berbahan bakar gas berkualitas tinggi dan menguntungkan.

Investasi ini akan membantu memperkuat bisnis pembangkit listrik kami dan memperluas bisnis bahan bakar serta infrastruktur lainnya di ASEAN. sekaligus mempertahankan kemitraan jangka panjang antara EGCO dan Chandra Asri Group,” tegas dia.

Adapun Portofolio aset infrastruktur CDI intinya terdiri dari perusahaan air terbesar dan satu-satunya yang terintegrasi di Indonesia, salah satu dari 2 Pembangkit Listrik Siklus Gabungan turbin gas di Indonesia, perusahaan patungan pembangkit listrik ramah lingkungan berkapasitas 200 MW dengan Posco International - perusahaan perdagangan terbesar di Korea Selatan.

Selain itu, terdapat perusahaan jasa penyewaan tangki perantara serta pengelolaan dermaga terintegrasi yang berbasis di kawasan industri terkemuka di pulau Jawa.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.