Note

Erick Thohir Terima Kunjungan Dua Petinggi Freeport, Ini Yang Dibahas

· Views 48

Pasardana.id - Menteri BUMN, Erick Thohir menerima kedatangan dua petinggi Freeport dari Amerika Serikat, Richard Ardkerson dan Kathleen Quick di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (12/12) sore.

Tidak sendirian, dalam menyambut dua petinggi Freeport ini, Erick juga didampingi oleh CEO PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, dan Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Mengutip unggahan di akun Instagram pribadinya dikutip Rabu (13/12), Menteri Erick mengatakan, pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut diskusi pada November lalu di Washington D.C.

Merujuk pada pertemuan bulan lalu, yang juga didatangi langsung Presiden Jokowi, membahas soal perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Freeport Indonesia hingga 2060 usai habis di 2041 dan pembangunan smelter yang menjadi syarat perpanjangan kontrak.

"Kami membahas berbagai perkembangan investasi PT Freeport Indonesia (PTFI) serta memastikan penyelesaian pembangunan Smelter di Gresik, Jawa Timur," tulis Erick.

Erick melanjutkan, pada Kamis (14/12) nanti, smelter tersebut akan dibuka dan tahap kedua akan rampung pada Mei tahun depan (2024).

Sementara itu, baru-baru ini, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menyebutkan alasan pemerintah ingin mempercepat proses perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berakhir di tahun 2041.

Bahlil memastikan, percepatan ini dilakukan dengan revisi Peraturan Pemerintah (PP) No 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pertambangan Mineral dan Batu Bara yang akan segera rampung.

Pada Pasal 109 Ayat (4) beleid tersebut, permohonan perpanjangan jangka waktu kegiatan Operasi Produksi pertambangan minerba diajukan kepada Menteri paling cepat dalam jangka waktu 5 tahun atau paling lambat 1 tahun sebelum berakhirnya jangka waktu kegiatan Operasi Produksi.

Dengan demikian, pengajuan perpanjangan IUPK Freeport Indonesia jika berdasarkan PP tersebut baru bisa dilakukan minimal tahun 2036 dan maksimal tahun 2040.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.