Note

Indonesia Disebutkan Tengah Memasuki Fase Krisis Transisi Energi

· Views 41

Pasardana.id - Sejumlah negara di dunia tengah fokus mulai begerak pada investasi yang ramah lingkungan (green investment). Sementara itu, Indonesia saat ini disebutkan memasuki fase kritis transisi energi.

Dalam acara Energy Corner CNBC Indonesia di Dubai, yang dikutip pada Selasa (12/12), Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional serta menciptakan lapangan kerja baru, maka diperlukan adanya sebuah investasi. 

Oleh sebab itu, untuk menuju transisi energi, PLN memastikan akan menyediakan energi yang terjangkau andal dan berkelanjutan. Ini dilakukan guna mendorong pencapaian target NZE 2060 sekaligus bisa menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

"Nah tentu saja di sini transisi energi ini adalah pertanyaannya bagaimana kita bisa menyediakan affordable yang juga reliable dan juga sustainable," cetusnya.

Maka dari itu, selama ini momentum pertumbuhan ekonomi yang sudah berjalan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa dijaga dengan baik. 

Dia menambahkan di dalam proses tersebut pihaknya juga akan melakukan berbagai program capacity building untuk menciptakan lapangan kerja baru.

"Dalam hal ini tentu saja tercipta kemakmuran dan ada juga memerangi kemiskinan dan lain-lain tetapi di saat yang bersamaan bagaimana kita bisa menjaga kelestarian dari lingkungan hidup mengurangi emisi gas rumah kaca ini dalam satu paket. Jadi kalau kita menyebutnya bahwa at this very moment we are entering a critical face of the transition energy," tegasnya.

Tahun ini (2023), Uni Emirat Arab menjadi tuan rumah perhelatan yang dikenal sebagai Conference of the Parties (COP) rutin yang membahas berbagai penanganan krisis iklim beserta transisi energi hijau. Kegiatan ini berlangsung di Dubai sejak 30 November hingga 12 Desember 2023.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.