Note

EUR/USD: Menjelang pertemuan ECB dan Fed

· Views 39

EUR/USD: Menjelang pertemuan ECB dan Fed

Meskipun ada sedikit penurunan pada indeks DXY, secara keseluruhan, dolar tetap stabil menjelang sejumlah peristiwa dan publikasi penting.

Yang pertama adalah publikasi data inflasi baru di AS hari ini pukul 13:30 (GMT). Keputusan Federal Reserve di masa depan mengenai prospek kebijakan moneter akan sangat bergantung pada keputusan tersebut.

Hari ini menandai dimulainya pertemuan terakhir Federal Reserve AS tahun ini.

Meskipun Ketua Federal Reserve Jerome Powell sebelumnya menyebutkan kemungkinan kenaikan suku bunga lagi tahun ini, yaitu pada pertemuan ini, sebagian besar ekonom percaya bahwa para pemimpin bank sentral tidak akan menaikkan suku bunga dan mungkin mengisyaratkan pergeseran kebijakan moneter ke arah pelonggaran dalam waktu dekat. Data terkini mengenai inflasi di Amerika Serikat, yang menandakan perlambatan, menunjukkan kemungkinan berikut: pada bulan Oktober, Indeks Harga Konsumen melemah hingga 0% (dari 0,4% pada bulan September dengan perkiraan 0,1%) dan 3,2% pada basis tahunan (dibandingkan dengan 3,7% pada bulan September dengan perkiraan 3,3%), sedangkan CPI inti tahunan disesuaikan dari 4,1% pada bulan September menjadi 4,0% pada bulan Oktober.

Oleh karena itu, publikasi data inflasi Amerika hari ini akan menentukan seberapa kuat pernyataan pejabat Federal Reserve pada hari Rabu.

Sebagian besar ekonom percaya bahwa Fed akan mulai melonggarkan kebijakan moneternya pada tahun 2024, namun tidak sebelum paruh kedua tahun ini. Sampai saat itu tiba, suku bunga akan dipertahankan pada level saat ini yaitu 5,50%.

Powell telah menyebutkan bahwa mereka tidak berpikir untuk menurunkan suku bunga, namun pertanyaan yang mereka ajukan adalah apakah mereka harus menaikkan suku bunga lagi. Hal ini terjadi setelah pertemuan Federal Reserve pada bulan November, ketika para pemimpinnya memperpanjang jeda kenaikan suku bunga, membiarkannya di angka 5,50%.

Akan menjadi kejutan besar jika Powell sekarang berbicara mengenai kemungkinan pelonggaran kebijakan, mengingat perlambatan inflasi di AS. Dalam hal ini, dolar akan berada di bawah tekanan jual yang kuat, yang pada gilirannya, bersamaan dengan pernyataan dovish Powell, akan memicu rally menjelang hari libur di pasar saham AS.

Sebaliknya, jika data inflasi hari ini menunjukkan adanya percepatan, hal ini akan meningkatkan kemungkinan untuk mempertahankan tingkat suku bunga pada tingkat saat ini untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, hal ini akan memicu intrik mengenai keputusan Federal Reserve besok—apakah suku bunga akan dinaikkan atau tidak.

Keputusan mengenai hal itu akan dipublikasikan pada hari Rabu pukul 19:00 (GMT). Konferensi pers Federal Reserve akan dimulai pada pukul 19:30.

Adapun pesaing utama dolar di pasar valuta asing, hari ini euro menguat terhadap pasangan mata uang utama dan dolar.

Pada saat penulisan artikel ini, pasangan EUR/USD diperdagangkan di dekat level 1,0800, mencoba untuk menembus zona level resistance jangka pendek yang signifikan di 1,0793 dan 1,0810.

Jika data inflasi AS saat ini, seperti disebutkan di atas, ternyata lebih kuat dari perkiraan dan nilai sebelumnya, kemungkinan besar hal ini akan menyebabkan penguatan dolar dan, akibatnya, penurunan EUR/USD.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD: Menjelang pertemuan ECB dan Fed

Dalam hal ini, breakdown yang lebih berhasil pada level support utama di 1,0760 dapat terjadi, sehingga menyebabkan penurunan lebih lanjut.

Namun, perlu diingat bahwa setelah pertemuan Federal Reserve minggu ini, ECB juga akan mengadakan pertemuan. Bagaimana jika hal ini mengejutkan pasar dan menaikkan suku bunga? Keputusan ECB mengenai suku bunga akan dipublikasikan pada hari Kamis pukul 13:15 (GMT). Hingga peristiwa ini terjadi, dinamika pasangan EUR/USD akan sepenuhnya bergantung pada pergerakan dolar.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.