Note

Minyak di ambang perubahan: bagaimana keputusan suku bunga dan OPEC+ menjadi penentu permainan

· Views 45

Minyak di ambang perubahan: bagaimana keputusan suku bunga dan OPEC+ menjadi penentu permainan

Futures bulan Februari untuk minyak Brent tetap stabil di $76,03 per barel, sementara futures bulan Januari untuk minyak mentah Amerika West Texas Intermediate naik 3 sen menjadi $71,35 per barel.

Kedua kontrak tersebut mengalami peningkatan kecil pada hari Senin: Brent naik sebesar 19 sen menjadi $76,03 per barel, dan WTI naik 9 sen menjadi $71,32.

OPEC+ berjanji untuk memotong produksi sebanyak 2,2 juta barel per hari pada kuartal pertama 2024, tetapi investor tetap ragu bahwa hal ini akan mengurangi pasokan secara keseluruhan karena diharapkan adanya peningkatan produksi di negara-negara non-OPEC.

Analisis dari ANZ Research mencatat adanya peningkatan produksi minyak shale AS yang terus berlanjut dan output yang lebih tinggi dari produsen non-OPEC lainnya yang tidak terduga.

Harga minyak Brent turun dari lebih dari $80 per barel pada awal Desember, dan WTI dari lebih dari $77 per barel.

Baik Brent maupun WTI berada dalam struktur pasar contango, menunjukkan bahwa kontrak futures untuk beberapa bulan pertama tahun 2024 dihargai lebih rendah daripada kontrak-kontrak kemudian. Hal ini menunjukkan harapan investor akan permintaan yang lebih rendah atau pasokan yang memadai dari minyak mentah selama periode ini.

"Pasar minyak dengan cermat memantau laporan terbaru dari OPEC dan Badan Energi Internasional, serta negosiasi di COP28," demikian pernyataan tersebut.

Pada pertemuan COP28, langkah-langkah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dibahas, tetapi pengurangan bahan bakar fosil yang dihentikan secara bertahap, yang diminta oleh banyak negara, tidak disebutkan, menarik kritik dari AS, UE, dan negara-negara yang rentan terhadap perubahan iklim.

Lebih dari 100 negara bertujuan untuk mencapai kesepakatan yang akan menandai akhir era minyak, tetapi menghadapi perlawanan dari anggota OPEC.

Selain dari negosiasi COP28, pasar juga memperhatikan kebijakan suku bunga bank sentral kunci minggu ini dan data inflasi AS.

Laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) AS dijadwalkan pada hari Selasa, dengan pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) tentang kebijakan moneter yang berakhir pada hari Rabu.

Keputusan tentang suku bunga juga diharapkan dari Bank Sentral Eropa (ECB) pada hari Rabu dan Bank Inggris (BoE) pada hari Kamis.

Permintaan untuk minyak mentah Saudi dari kilang minyak China, pengimpor minyak terbesar di dunia, mencapai level terendah selama lima bulan pada bulan Januari, karena harga yang tidak terduga tinggi mendorong pembeli untuk mencari pasokan yang lebih murah di tempat lain.

Arab Saudi bersaing dengan Rusia sebagai pemasok minyak terbesar ke China.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.