Note

Bila TikTok Pengendali,Aset GOTO Akan Terkoreksi

· Views 37

Pasardana.id- PT Goto Gojek Tokopedia Tbk(IDX:GOTO) akan mengeluarkan aset Tokopedia dari laporan keuangannya jika TikTok telah menjadi pengendali Tokopedia.

Perubahan pengendalian pada Tokopedia itu seiring dengan rencana TikTok yang akan menanamkan modal senilai USD1,5 miliar pada Tokopedia.

Menurut Pengamat Pasar Modal, Yanuar Rizky bahwa hal itu merupakan dampak dari berkurangnya porsi kepemilikan pada Tokopedia dari 99,9 persen menjadi 24,99 persen.

“Artinya, sesuai Standar Akuntansi dengan tidak lagi menjadi pengendali, maka laporan keuangan Tokopedia tidak lagi konsolidasi ke GOTO. Statusnya bukan lagi anak usaha, tapi investasi portofolio saham yang nilainya sesuai harga wajar saham Tokopedia setiap masa tutup buku Akuntansi,” papar dia dalam media sosialnya, Selasa(12/12/2023).

Rizky melanjutkan,  dilusi porsi saham GOTO pada Tokopedia itu menunjukan, terjadinya revaluasi saham Tokopedia, karena masuknya Tiktok akan membuat revaluasi godwill di neraca aktiva Tokopedia.

“ Tiktok lah yang punya selisih positif aktiva atas pasiva, jadi dugaan saya kata dilusi ini menunjukan, goodwill Tiktok mendilusi modal saham GOTO di Tokopedia. Godwill itu revaluasi akibat akuisisi, bukan uang tunai. Tapi, modal valuasi!,” papar dia.

Sebagai gambaran dia mentamsilkan rencana transaksi itu dengan invesasi Telkomsel pada GOTO pada saat merger Gojek dan Tokopedia.

“ Ini dampak Pemberlakuan standar akuntansi (PSAK) 22. Pada saat itu saya juga memberi catatkan dan  mengkririsi uang Telkom via Telkomsel dipakai untuk merevaluasi harga saham sehingga GOTO meloncat,” papar dia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.