Note

Daftar Investor GoTo Terbaru, Ada TikTok yang Resmi Investasi Rp23,38 Triliun

· Views 47
Daftar Investor GoTo Terbaru, Ada TikTok yang Resmi Investasi Rp23,38 Triliun
Daftar Investor GoTo Terbaru, Ada TikTok yang Resmi Investasi Rp23,38 Triliun. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Daftar investor GoTo terbaru bertambah setelah diumumkannya kemitraan TikTok dengan platform e-commerce Tokopedia. 

Dikutip dari Keterbukaan Informasi PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO), TikTok berkomitmen untuk berinvestasi di PT Tokopedia senilai USD1,5 miliar atau setara dengan Rp23,28 triliun (kurs Rp15.585 per USD). Transaksi ini diharapkan dapat selesai pada kuartal pertama 2024 mendatang.

Baca Juga:
Daftar Investor GoTo Terbaru, Ada TikTok yang Resmi Investasi Rp23,38 Triliun TikTok Shop Beroperasi Lagi, Dibawah Tokopedia (GOTO)

Adapun perjanjian pembelian aset dan pengambilalihan saham ini telah dilakukan pada 10 Desember 2023 lalu. Aksi korporasi ini pun membuat bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia bersinergi di bawah naungan PT Tokopedia. 

Masuknya TikTok ke dalam ekosistem GoTo pun sekaligus menambah daftar investor GoTo terbaru. Selain TikTok, berikut ini IDXChannel merangkum beberapa daftar investor GoTo lainnya. 

Baca Juga:
Daftar Investor GoTo Terbaru, Ada TikTok yang Resmi Investasi Rp23,38 Triliun Simak! Point Utama Kesekapakatan GOTO dengan TikTok

Daftar Investor GoTo Terbaru

Berdasarkan data pemegang saham GoTo dalam Keterbukaan Informasi di laman resminya per 30 September 2023, investor GoTo yang memiliki 5% atau lebih saham antara lain GoTo Peopleverse Fund, SVT GT Subco (Singapore), dan Taobao China Holding Limited.

GoTo Peopleverse Fund atau GPF sendiri adalah lembaga atau institusi yang mengelola program kompensasi saham untuk karyawan, konsultan, mantan karyawan, dan jajaran manajemen kunci GOTO. GoTo Peopleverse Fund tercatat memiliki porsi kepemilikan saham sebesar 5,916% atau sebanyak 70.062.949.977 per 30 September 2023. 

Adapun berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 5 Desember 2023, jumlah kepemilikan saham GPF tercatat sebanyak  67.373.883.661 lembar saham atau 5,61%. Jumlah tersebut kembali mengalami penurunan pada 6 Desember 2023 dengan kepemilikan saham yang tersisa sebanyak  67.334.058.911 lembar saham atau setara 5,60%. 

Sementara itu, pada 5 Desember 2023, Bloomberg melaporkan bahwa TikTok milik ByteDance Ltd disebut sudah berkomitmen dan telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di unit bisnis GoTo dan bekerja sama dengan layanan belanja online-nya yakni Tokopedia.

Hal ini pun disusul dengan pengumuman resmi dari GoTo yang mengabarkan adanya  kemitraan strategis dengan TikTok sebagai upaya untuk mempercepat laju bisnis e-commerce miliknya. Apabila rencana investasi tersebut berjalan lancar dan dapat diselesaikan oleh para pihak, maka TikTok akan menjadi pemilik 75,01% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh di Tokopedia dan kepemilikan GOTO di Tokopedia menjadi 24,99%. 

Demikianlah informasi mengenai daftar investor GoTo terbaru yang bisa Anda jadikan referensi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.