Note

Digandeng TikTok Shop, Intip 14 Daftar Anak Perusahaan GOTO dan Jenis Usahanya

· Views 43
Digandeng TikTok Shop, Intip 14 Daftar Anak Perusahaan GOTO dan Jenis Usahanya
Digandeng TikTok Shop, Intip 14 Daftar Anak Perusahaan GOTO dan Jenis Usahanya. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Tokopedia masuk dalam daftar anak perusahaan GOTO. Namun selain marketplace tersebut, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk tercatat memiliki 14 anak usaha di bawah bendera perseroan. 

Sebelumnya, ramai pemberitaan tentang aksi korporasi yang diumumkan oleh perseroan, di mana TikTok akan menjalin kemitraan strategis dengan PT Tokopedia dengan kucuran investasi senilai USD1,5 miliar, atau setara dengan Rp23,4 triliun. 

Baca Juga:
Digandeng TikTok Shop, Intip 14 Daftar Anak Perusahaan GOTO dan Jenis Usahanya Saham GOTO Rebound Sambut Peluncuran Beli Lokal TikTok-Tokopedia di Harbolnas 

Dengan kerja sama tersebut, TikTok akan menjadi pemegang saham pengendali Tokopedia (75,01%), sementara GOTO akan yang semula menguasai saham Tokopedia 99,99%, kepemilikannya menyusut menjadi 24,99%. 

Berdasarkan rilis resminya kemarin (11/12), di luar kucuran dana pembelian saham Tokopedia, TikTok juga akan menyiapkan dana segar tambahan untuk pengembangan bisnis Tokopedia di masa mendatang. 

Baca Juga:
Digandeng TikTok Shop, Intip 14 Daftar Anak Perusahaan GOTO dan Jenis Usahanya TikTok Shop Uji Coba di Tokopedia Hari Ini, Saham GOTO Bakal Ngamuk?

Dengan kerja sama ini pula, TikTok Shop yang sempat dihentikan operasionalnya oleh pemerintah beberapa saat lalu, dapat beroperasi kembali lewat kendali manajemen Tokopedia. 

Kolaborasi operasinal TikTok dan Tokopedia bakal ditandai dengan periode uji coba yang pelaksanaannya melibatkan konsultasi dan pengawasan dari kementerian dan lembaga terkait. 

Adapun uji coba yang dimaksud, adalah kampanye ‘Beli Lokal’ yang berlangsung hari ini (12/12), bertepatan dengan berlangsungnya Hari Belanja Nasional (Harbolnas). Pelaku UMKM yang selama ini mengandalkan TikTok Live, akhirnya dapat bernafas lega kembali. 

Operasional TikTok Shop bakal dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia. Mulai pagi ini, layanan belanja sudah kembali aktif, begitu pula dengan Seller Center. Namun sesuai rencana uji coba, kampanye ini berlangsung di dua platform perusahaan terkait. 

Tokopedia tetap tercatat sebagai anak usaha GOTO, meskipun kepemilikan saham mayoritas kini berpindah tangan ke TikTok. Perusahaan apa lagi yang masuk dalam daftar anak usaha GOTO? Dikutip dari catatatn BEI, simak urutannya di bawah ini: 

  • Go-Jek Singapore Pte. Ltd, perusahaan pengembangan piranti perangkat lunak
  • GoProduct Engineering India LLP, perusahaan pengembangan piranti perangkat lunak
  • PT Dompet Karya Anak Bangsa, kasa konsultasi manajemen usaha
  • PT Festival Kuliner Anak Bangsa, jasa penyedia kuliner
  • PT Global Loket Sejahtera, jasa manajemen tiket dan acara
  • PT Jaya Data Semesta, jasa pengolahan data dan informasi
  • PT Lintas Promosi Global, jasa perikalanan bergerak
  • PT Paket Anak Bangsa, jasa pengiriman paket
  • PT Pradipa Darpa Bangsa, jasa konsultasi manajemen usaha
  • PT Produksi Kreatif Anak Bangsa, jasa produksi konten
  • PT Rekan Anak Bangsa, jasa penyewaan kendaraan roda empat  
  • PT Solusi Arta Anak Bangsa,  jasa konsultasi manajemen usaha
  • PT Tokopedia, website dan marketplace  
  • Velox Technology South-East Asia, jasa konsultasi manajemen usaha

Kepemilikan GOTO pada perusahaan-perusahaan di atas rata-rata mencapai lebih dari 70%. Sebelum TikTok, kepemilikan terkecil GOTO pada saham anak-anak usahanya terletak di PT DompeT Karya Anak Bangsa, yakni mencapai 70,78%. 

Itulah sekilas informasi tentang daftar anak usaha GOTO yang baru saja menjalin kemitraan strategis dengan TikTok. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.