Note

Pendiri GOTO Bakal Ambil Untung dari Rencana Pelepasan Tokopedia

· Views 42

Pasardana.id - Para pengendali dan pendiri PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO) diduga akan mengambil keuntungan dari rencana pelepasan pengendaliannya pada Tokopedia.

Menurut Pengamat Pasar Modal, Yanuar Rizky, bahwa dirinya telah lama mengkritisi proses pelarangan beroperasi TikTok sebagai pedagang lewat media daring di Indonesia, karena salah satu Komisaris GOTO terlihat pada salah satu rapat pengambilan kebijakan itu,.

“Makanya, saya kritisi Komisaris GOTO (Red-Wishnutama) ada di Istana saat menjegal TikTok, sehingga harus punya izin,” celoteh dia dalam media sosial-nya.

Ia melanjutkan, kebijakan pelarangan itu seakan mengiring TikTok untuk melakukan aksi korporasi dengan GOTO.

“Aksi korporasi itu dibutuhkan untuk exit strategy para pemegang saham pendiri dan pengendali yang memang selalu ingin keluar dapat untung dari lepas saham (Red-GOTO),” tutur dia.

Bahkan, dia menginggatkan, rencana pelepasan pengendalian GOTO pada Tokopedia jauh dari menguntungkan para pemegang saham ritel dan Telkomsel.

“Rencana ini jauh lah dari mikirin nasib pemegang saham ritel GOTO. Apalagi, mikirin duit Telkomsel,” ungkap dia.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan GOTO, R.A Koesoemohadiani menjelaskan, dampak rencana pelepasan pengendalian GOTO pada Tokopedia akan terdilusi menjadi 24,99 persen dari kepemilikan saat ini sebesar 99,9 persen.

Dengan investasi dan komitmen pendanaan dari TikTok, Perseroan tidak perlu melakukan pendanaan untuk Tokopedia. Lebih lanjut, Perseroan juga akan menerima arus pendapatan yang berkelanjutan dari Tokopedia sepadan dengan skala dan pertumbuhan Tokopedia, dimana akan berkontribusi secara langsung pada EBITDA GOTO,” jelas dia.

Lebih Jauh, Koesoemohadiani menegaskan, rencana ini  membuat GOTO dapat mengambil keuntungan secara langsung atas pertumbuhan yang pesat dari industri e-commerce Indonesia.

“Kami dapat memfokuskan sumber daya dan modal kepada lini bisnis layanan on-demand, dimana berada di jalur yang tepat untuk mencapai EBITDA yang disesuaikan positif dalam kuartal empat 2023 dan financial,” terang dia.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.