Note

ANALIS MARKET (12/12/2023) : IHSG Berpotensi Bullish

· Views 42

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, Dow Jones berakhir lebih tinggi pada hari Senin (11/12/23), melanjutkan kenaikan yang terjadi akhir-akhir ini karena para investor menantikan minggu penting penggerak market, termasuk data inflasi terbaru dan pertemuan dua hari the Fed yang dijadwalkan pada hari Selasa.

Indeks S&P 500 naik 0,3% dan Dow Jones Industrial Average yang terdiri dari 30 saham menguat 0,43%, dengan kedua indeks tersebut mencapai level tertinggi intraday.

Nasdaq Composite, dengan saham yang didominasi sektor teknologi naik 0,20%.

FOMC diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada kisaran 5,25% – 5,50% pada hari Rabu. Dengan sebagian besar fokus pada proyeksi the Fed untuk ekonomi, inflasi, dan pemangkasan yang diharapkan terjadi tahun depan. Pertemua ini akan diadakan setelah data inflasi konsumen terbaru yang diperkirakan melambat. Komentar dari ketua the Fed Jerome Powell juga akan ditunggu karena berpotensi menekan ekspektasi pasar untuk penurunan suku bunga yang lebih cepat.

Setelah data pekerjaan minggu lalu menunjukkan kenaikan tahunan paling lambat dalam dua tahun di bulan Oktober, market kini memperkirakan hampir 50% kemungkinan penurunan suku bunga 1/4 poin pada biaya pinjaman paling cepat pada bulan Mei, menurut Fed Rate Monitor Tool milik Investing.com.

KOMODITAS: Harga minyak alami sedikit kenaikan pada hari Senin karena pemangkasan produksi OPEC+ gagal untuk sepenuhnya mengimbangi kekhawatiran seputar kelebihan pasokan minyak mentah dan pertumbuhan permintaan bahan bakar yang lebih lemah pada tahun depan. Minyak mentah berjangka Brent ditutup  naik 19 sen, atau 0,3%, menjadi USD 76,03 per barel sementara minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik 9 sen, atau 0,1%, pada USD 71,32. Kedua kontrak melonjak lebih dari 2% pada hari Jumat tetapi turun untuk minggu ketujuh berturut-turut, penurunan mingguan terpanjang sejak 2018, di tengah kekhawatiran kelebihan pasokan yang masih ada.

Di sisi lain, secara teknikal analis, IHSG finally pullback setelah mencapai Target 7150, overshoot ke 7200.

Uji Support MA10 & MA20, serta Neckline Inverted Head and Shoulder besar di 7050-7030.

“IHSG berpotensi Bullish,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset Selasa (12/12).

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.