Note

Perkuat Rantai Pasok Logistik, Adi Sarana (ASSA) Fokus Kembangkan CargoShare

· Views 34
Perkuat Rantai Pasok Logistik, Adi Sarana (ASSA) Fokus Kembangkan CargoShare
Perkuat Rantai Pasok Logistik, Adi Sarana (ASSA) Fokus Kembangkan CargoShare

IDXChannel - PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) fokus mengembangkan CargoShare Logistics. Langkah ini ditempuh perseroan untuk semakin memperkuat supply chain atau jaringan rantai pasok untuk layanan logistik end-to-end dari ASSA Group.

Pengembangan lini bisnis tersebut dilatarbelakangi oleh riset World Bank terhadap Logistics Performance Index (LPI). Dalam riset itu, World Bank melaporkan adanya penurunan kinerja sektor logistik jika dibandingkan dengan LPI 2018, di mana Indonesia sendiri mengalami penurunan peringkat.

Baca Juga:
Perkuat Rantai Pasok Logistik, Adi Sarana (ASSA) Fokus Kembangkan CargoShare ASSA Kejar Peluang di Bisnis Mobilitas dan Logistik

Meskipun terjadi penurunan, tetapi masih terdapat celah bagi Indonesia untuk dapat melakukan perbaikan terhadap sektor logistik. Untuk meraup peluang ini, perusahaan logistik dalam negeri diimbau menerapkan operasional bisnis yang efisien dan low cost economy.

Terkait hal tersebut, ASSA Logistics atau CargoShare sudah mulai menerapkan kedua faktor tersebut di dalam menjalankan bisnisnya. 

Baca Juga:
Perkuat Rantai Pasok Logistik, Adi Sarana (ASSA) Fokus Kembangkan CargoShare ASSA Berinovasi, Luncurkan Motor Listrik Ramah Lingkungan

Adapun, bentuk penerapan faktor efisiensi dan low cost economy yang sudah dilakukan perseroan antara lain adalah dengan pembentukan PT Adi Sarana Transportasi dengan menggunakan brand CargoShare.

Chief Operating Officer Assa Logistics Reiza Fairuz mengatakan, terbentuknya CargoShare membuka peluang bagi perseroan untuk juga melakukan kolaborasi dengan pemain express logistic lainnya. CargoShare menawarkan layanan logistik terintegrasi dari first, mid, hingga last mile.

“Serta memanfaatkan automasi melalui in-house Transportation Management System (TMS) yang memungkinkan perseroan memperoleh operasional yang efisien dan biaya yang rendah,” kata Reiza dalam keterangan resminya, Senin (11/12/2023).

Dia menjelaskan bahwa perseroan tahun ini sudah mulai menjajaki kolaborasi dengan beberapa pelanggan korporasi seperti dengan MOSTRANS untuk mengembangkan logistik pharmaceutical yang lebih terintegrasi.

Selain itu, kerja sama dengan eFishery dan meningkatkan investasi minoritas pada perusahaan bernama ‘Coldspace’ untuk mengembangkan ekosistem logistik cold chain yang end-to-end.

Dari sisi pertumbuhan revenue, Compound Annual Growth Ratio (CAGR) bisnis ASSA Logistics bertumbuh 17,93% dari 2017-2022. Hal ini menunjukkan bahwa ASSA Logistics mengalami kenaikan yang selaras dengan kenaikan PDB sektor logistik di Indonesia, yaitu 14,29%. 

“Hal ini menjadi modal untuk memperbaiki dan memberi dukungan terhadap kondisi Logistics Performance Index (LPI) Indonesia, yang saat ini sedang sangat menurun beberapa tahun belakangan,” ujar Reiza.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.