Note

Tiktok Jadi Pengendali Tokopedia, Gelontorkan Rp23,4 Triliun ke GOTO

· Views 34
Tiktok Jadi Pengendali Tokopedia, Gelontorkan Rp23,4 Triliun ke GOTO
Tiktok Jadi Pengendali Tokopedia, Gelontorkan Rp23,4 Triliun ke GOTO  (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengonfirmasi kabar bakal diterimanya gelontoran investasi hingga USD1,5 miliar dari Tiktok.

Dengan asumsi nilai tukar dolar AS saat ini sebesar Rp15.600 per dolar AS, maka total nilai investasi tersebut setara dengan Rp23,4 triliun.

Baca Juga:
Tiktok Jadi Pengendali Tokopedia, Gelontorkan Rp23,4 Triliun ke GOTO Asosiasi Sebut Investasi TikTok ke Tokopedia (GOTO) Beri Dampak Positif ke UMKM

Berbekal suntikan investasi tersebut, Tiktok akan menjadi pemegang saham pengendali di PT Tokopedia, yang disebut bakal mengkombinasikan bisnis aplikasi marketplace Tokopedia miliknya dengan layanan Tiktok Shop milik Tiktok.

Sebaliknya, semua fitur belanja dalam aplikasi Tiktok di Indonesia juga bakal berada dalam kendali manajemen Tokopedia.

Baca Juga:
Tiktok Jadi Pengendali Tokopedia, Gelontorkan Rp23,4 Triliun ke GOTO Tiktok Siap Gelontorkan Dana Investasi ke Tokopedia Rp23 Triliun

Sebagaimana disampaikan melalui rilis resmi manajemen GOTO, pihak Tiktok nantinya bakal menguasai saham PT Tokopedia sebesar 75,01 persen. Sedangkan pihak GOTO bakal menjadi pemegang saham minoritas, dengan mempertahankan 24,99 persen kepemilikan sahamnya.

"TikTok berkomitmen menginvestasikan lebih dari USD1,5 miliar pada entitas Tokopedia secara jangka panjang," tulis manajemen GOTO, dalam rilis resminya tersebut, Senin (11/12). 

Baca Juga:
Tiktok Jadi Pengendali Tokopedia, Gelontorkan Rp23,4 Triliun ke GOTO TikTok Investasi Rp23 Triliun ke Tokopedia, Saham GOTO Malah Anjlok

Selain gelontoran investasi tersebut, TikTok juga disebut telah menyiapkan pendanaan tambahan untuk pengembangan bisnis Tokopedia lebih lanjut. Dipastikan juga bahwa tambahan dana tersebut tidak akan mendolusi kepemilikan GOTO atas Tokopedia.

"GoTo dan TikTok juga menjajaki peluang kolaborasi strategi lanjutan, termasuk di area financial services dan on-demand services," jelas manajemen. 

Pihak GOTO juga memastikan bahwa kolaborasinya dengan Tiktok ini merupakan bentuk kemitraan strategis e-commerce untuk mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Kemitraan tersebut nantinya akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal, yang akan dimulai pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Langkah tersebut diklaim pihak GOTO juga sebagai dukungan atas inisiatif pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

"Ke depan, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang," ungkap manajemen GOTO.

Keseluruhan transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan  ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan  untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market).

"Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok," tegas manajemen GOTO. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.