Note

IHSG Masih dalam Tren Bullish tapi Rawan Profit Taking

· Views 29
IHSG Masih dalam Tren Bullish tapi Rawan Profit Taking
IHSG Masih dalam Tren Bullish tapi Rawan Profit Taking

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan awal pekan ini, Senin (11/12/2023) masih berada dalam tren bullish. IHSG diprediksi akan berada di level support 7.100 dan resisten di 7.200.

“Meski demikian, terbentuknya upper shadow panjang dan death cross di overbought area, membuat IHSG rawan profit taking dalam jangka pendek,” kata Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan dalam risetnya, Senin (11/12/2023).

Baca Juga:
IHSG Masih dalam Tren Bullish tapi Rawan Profit Taking IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat Terbatas, Cermati ARTO-BBNI

Valdy mengatakan, mayoritas sentimen berasal dari data ekonomi yang akan dirilis pekan depan, di mana Amerika Serikat (AS) dijadwalkan merilis data inflasi, disusul keputusan FOMC The Fed pada 13 Desember 2023 mendatang. 

Sementara itu, bank sentral Eropa atau ECB dan Bank of England (BoE) juga akan mengadakan pertemuan pada pekan depan (14/12/2023). Juga, Rapat Dewan Guberur (RGD) Bank Indonesia (BI) dijadwalkan pada pekan depan. 

Baca Juga:
IHSG Masih dalam Tren Bullish tapi Rawan Profit Taking IHSG Berpotensi Menguji Level 7.200 Pada Senin 11 Desember 2023

“Semuanya diyakini akan menahan suku bunga acuan,” ujar Valdy.

Di samping itu, indeks-indeks Wall Street berbalik menguat pada Jumat (8/12/2023). Penguatan didorong oleh data ekonomi yang solid, terutama dari sektor tenaga kerja. 

Baca Juga:
IHSG Masih dalam Tren Bullish tapi Rawan Profit Taking Fakta IHSG Sepekan: Sentuh Level Psikologis Baru 7.100, Market Cap Naik 3 Persen

Tingkat pengangguran di AS turun ke 3,7% di November 2023 dari 3,9% di Oktober 2023, sejalan dengan kenaikan U.S. Non farm payrolls ke 199 ribu pada November 2023 dari 150 ribu di Oktober 2023. 

“Data lain adalah kenaikan Michigan consumer sentiment preliminary ke 69,4 di Desember 2023 dari 61,3 di November 2023. Kedua data tersebut berada di atas ekspektasi pasar,” ucap Valdy.

Phintraco Sekuritas menyarakan sejumlah saham untuk dicermati investor hari ini, yaitu PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Harum Energy Tbk (HRUM), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN). 

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.