Note

Begini Nasib Uang Investor jika Reksa Dana Dibubarkan

· Views 66
Begini Nasib Uang Investor jika Reksa Dana Dibubarkan
Begini Nasib Uang Investor jika Reksa Dana Dibubarkan (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Reksa dana merupakan salah satu produk investasi yang memungkinkan beberapa orang untuk menggabungkan dana dan menginvestasikannya dalam berbagai instrumen keuangan.

Dalam kasus tertentu, instrumen reksa dana yang ditawarkan kepada publik bisa saja terkena likuidasi, alias dibubarkan. 

Baca Juga:
Begini Nasib Uang Investor jika Reksa Dana Dibubarkan Investasi Terencana, Liburan Bisa Hura-Hura Pakai Reksa Dana

Likuidasi reksa dana adalah risiko terburuk dari jenis investasi ini. Likuidasi merupakan pembubaran perusahaan sebagai badan hukum yang meliputi pembayaran kewajiban kepada para kreditor dan pembagian harta yang tersisa kepada para pemegang saham. 

Dalam peraturan OJK Nomor 23 Tahun 2016, bahwa minimal dana kelolaan atau AUM adalah Rp10 miliar. Apabila dalam kurun waktu 120 hari bursa berturut-turut dana tidak sampai Rp10 miliar, maka reksa dana tersebut wajib dibubarkan.

Baca Juga:
Begini Nasib Uang Investor jika Reksa Dana Dibubarkan Debut Perdana, Reksa Dana XKID Naik 1,5%

Dibubarkan dalam artian aset di dalamnya harus dilikuidasi atau dicairkan dan dibagikan ke pemegang unit penyertaan reksa dana, yakni investor. 

Namun, dana yang ada di reksa dana secara aman disimpan di Bank Kustodian sehingga dana yang ada tidak akan disalahgunakan. Investor akan menerima hasil likuidasi reksa dana tersebut paling lambat tujuh hari bursa sejak likuidasi reksa dana selesai. 

Baca Juga:
Begini Nasib Uang Investor jika Reksa Dana Dibubarkan Pencatatan Produk Reksa Dana Indeks Kisi IDX30 ETF

Mengutip akun Instagram reksanadakucom, Sabtu (9/12/2023), sebelum pembubaran reksa dana, Manajer Investasi selaku pengelola investasi wajib menginformasikan kepada para investor sedikitnya satu media surat kabar harian nasional paling lambat dua hari bursa sejak berakhirnya jangka waktu batas minimal dana kelolaan.

Dana yang dicairkan akan dibayarkan oleh Bank Kustodian secara proposional berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan unit penyertaan yang dimiliki saat pembubaran.

Baca Juga:
Begini Nasib Uang Investor jika Reksa Dana Dibubarkan Debut Perdana, Reksa Dana ETF IDX30 KISI (XKID) Naik 1,5 Persen

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.