Note

EUR/USD. 8 Desember. Penjual jeda sejenak sebelum rilis data penggajian

· Views 47

Pada hari Kamis, pasangan EUR/USD rebound dari level korektif 38,2% (1.0765), menandakan revesral yang mendukung euro dan sedikit kenaikan menuju level Fibonacci 50,0% (1.0862). Sulit untuk mengatakan apakah kenaikan ini akan berlanjut hari ini, karena laporan penting dari AS dapat berdampak signifikan terhadap sentimen trader. Konsolidasi nilai tukar pasangan ini di bawah level 1.0765 akan mendukung mata uang AS dan melanjutkan penurunan menuju level 1.0714.

EUR/USD. 8 Desember. Penjual jeda sejenak sebelum rilis data penggajian

Hingga hari Jumat, kondisi wave masih terlihat jelas. Wave menurun sebelumnya telah terbentuk selama tujuh hari berturut-turut, menembus titik terendah dari wave sebelumnya. Selain itu, penurunan telah ditutup di bawah channel tren naik. Jadi, sekarang saya dapat mengatakan bahwa tren "bullish" telah berubah menjadi "bearish". Dalam waktu dekat, wave naik mungkin terbentuk, setelah itu saya memperkirakanterbentuk wave menurun baru yang kuat, yang akan membawa pasangan ini ke level minimum 1.0714 dan 1.0644. Namun, tidak dapat dipastikan bahwa wave menurun saat ini kini telah selesai.

Pada hari Kamis, latar belakang informasi sangat lemah. Di Uni Eropa, laporan PDB untuk perkiraan akhir kuartal ketiga telah dirilis. Trader menerima angka-angka berikut. Dalam skala tahunan, PDB tumbuh sebesar 0%, dan dalam skala kuartalan turun sebesar 0,1%. Secara umum, ekspektasi trader sesuai dengan kenyataan obyektif. Tidak ada yang mengharapkan pertumbuhan kuat dari perekonomian Eropa. Sebaliknya, penurunan diperkirakan terbentuk karena suku bunga ECB masih berada pada puncaknya dan kemungkinan tidak akan turun dalam beberapa bulan mendatang. Namun, perekonomian Eropa berhasil menghindari resesi, dan hal ini sangat baik bagi euro. Sayangnya, momen positif bagi euro semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Karena tren telah berubah menjadi "bearish", saya memperkirakan terbentuknya rollback dan berlanjutnya penurunan.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD. 8 Desember. Penjual jeda sejenak sebelum rilis data penggajian

Di chart 4 jam, pasangan ini telah berkonsolidasi di bawah level korektif 76,4% (1.0790), tetapi "bullish" divergence pada indikator CCI menguntungkan mata uang UE dan mulai meningkat. Saya tidak bisa memastikan berapa lama pertumbuhan ini akan bertahan. Lebih baik analisis pola chart sekarang pada chart per jam, di mana perubahan dapat dilacak dengan lebih cepat. Ketika indikator statistik penting dirilis di AS, retracement ke atas mungkin terbentuk hari ini, tetapi kenaikan dolar akan berlanjut.

Laporan Commitments of Trader (COT):

EUR/USD. 8 Desember. Penjual jeda sejenak sebelum rilis data penggajian

Selama minggu pelaporan terakhir, spekulan membuka 2.359 kontrak long dan menutup 11.152 kontrak short. Sentimen trader besar masih "bullish" dan mulai kembali menguat. Total kontrak long yang terkonsentrasi di tangan spekulan kini sebanyak 233 ribu, dan kontrak short hanya 90 ribu. Kesenjangannya kembali hampir tiga kali lipat. Namun, situasinya akan terus berubah dan menguntungkan penjual. Bull telah mendominasi pasar terlalu lama, dan sekarang mereka memerlukan latar belakang informasi yang kuat untuk mempertahankan tren "bullish". Saya tidak melihat latar belakang seperti itu sekarang, meskipun laporan AS belakangan ini mengecewakan. Trader profesional dapat segera melanjutkan penutupan posisi long. Angka-angka saat ini memungkinkan berlanjutnya penurunan euro dalam beberapa bulan mendatang.

Kalender Ekonomi AS dan Uni Eropa:

UE – Indeks Harga Konsumen Jerman (07:00 UTC).

AS – Penggajian Nonpertanian (13.30 UTC).

AS – Tingkat Pengangguran (13:30 UTC).

AS – Penghasilan Rata-Rata Per Jam (13:30 UTC).

AS – Indeks Sentimen Konsumen University of Michigan (15:00 UTC).

Pada 8 Desember, kalender peristiwa ekonomi berisi banyak entri, yang sebagian besar penting. Dampak dari latar belakang informasi terhadap sentimen trader saat ini bisa sangat besar.

Prakiraan untuk EUR/USD dan Kiat-kiat Trader:

Saya merekomendasikan untuk membeli pasangan ini kemarin jika terbentuk rebound dari level 1.0765 di chart per jam dengan target di 1.0862. Transaksi ini dapat tetap terbuka sekarang. Saya merekomendasikan penjualan ketika harga berkonsolidasi di bawah level 1.0862 di chart per jam dengan target di 1.0765. Target ini telah tercapai. Penjualan baru mungkin terjadi ketika harga ditutup di bawah 1.0765 dengan target di 1.0714 dan 1.0644, atau setelah rebound dari level 1.0862.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.