Note

Potensi Besar, TBS Energi (TOBA) Lirik Bisnis Manajemen Pengolahan Limbah

· Views 61
Potensi Besar, TBS Energi (TOBA) Lirik Bisnis Manajemen Pengolahan Limbah
Potensi Besar, TBS Energi (TOBA) Lirik Bisnis Manajemen Pengolahan Limbah (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) sukses membukukan kinerja yang cukup solid di sepanjang tahun ini.

Hingga triwulan III-2023 lalu, misalnya, TOBA berhasil membukukan pendapatan sebesar USD370 juta, dengan porsi laba bersih sebesar USD19 juta. Sedangkan total aset pada saat yang sama tercatat mencapai USD945 juta.

Baca Juga:
Potensi Besar, TBS Energi (TOBA) Lirik Bisnis Manajemen Pengolahan Limbah Toba Sejahtra Milik Luhut Rajin Lepas Saham TBS Energi (TOBA)

"Hasil yang kami capai hingga triwulan III merupakan bukti nyata dari kemajuan berkelanjutan yang kami raih. Perusahaan berhasil membukukan pendapatan dan laba yang relatif stabil di tengah penurunan harga batu bara," ujar Direktur TOBA, Juli Oktarina, di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Dengan solidnya capaian tersebut, menurut Juli, mencerminkan strategi yang kokoh dan komitmen untuk memberikan nilai tambah kepada para pemegang saham.

Baca Juga:
Potensi Besar, TBS Energi (TOBA) Lirik Bisnis Manajemen Pengolahan Limbah TBS Energi (TOBA) Siap Bagi Dividen Rp12,76 per Saham

Juli menjelaskan, tercatat banyak pencapaian positif yang berhasil ditorehkan Perseroan dan langkah-langkah strategis dalam merespons tantangan keberlanjutan di Indonesia.

Meski demikian, Juli menekankan bahwa TOBA tetap berkomitmen terhadap keberlanjutan bisnis melalui diversifikasi lini usaha yang dijalankan.

Baca Juga:
Potensi Besar, TBS Energi (TOBA) Lirik Bisnis Manajemen Pengolahan Limbah Dear Investor, TBS Energi (TOBA) Mau Tebar Dividen 12 Juli 2023

Dikatakan Juli, pihaknya telah berhasil mengembangkan pilar bisnis baru yang berfokus pada pengelolaan limbah berkelanjutan di tingkat regional, yang menunjukkan inovasi dan komitmen yang kuat dalam menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

"Perseroan tidak hanya berfokus pada bisnis energi, tetapi kami juga berkomitmen pada pengembangan bisnis yang ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial, dan berkelanjutan lintas sektor," tutur Juli.

Dalam kesempatan yang sama, perusahaan melalui salah satu anak usahanya, yaitu PT Solusi Bersih TBS (SBT), yang merupakan sub-holding bisnis pengolahan sampah, telah berhasil mengakuisisi ARAH Environmental, yang selama ini dikenal sebagai salah satu pemain utama di sektor pengolahan limbah medis, limbah B3, limbah domestik, dan limbah elektronik.

Langkah strategis ini mengikuti akuisisi sebelumnya atas Asia Medical Enviro Services (AMES) yang berbasis di Singapura pada Agustus 2023.

PT SBT memiliki visi untuk berkembang menjadi pemimpin di industri pengolahan sampah terintegrasi di skala regional, khususnya di Asia Tenggara, menandai langkah besar dalam ekspansi dan pengaruh Perseroan di sektor lingkungan.

Sementara, SVP Corporate Strategy & Investor Relations TBS, Nafi Sentausa, menyebut bahwa PT SBT akan berfokus pada pengolahan empat jenis limbah, yang meliputi limbah medis, limbah B3, limbah domestik, serta limbah elektronik dan baterai.

Dalam perjalanan mencapai komitmen Towards a Better Society 2030 (TBS2030), Perseroan telah menorehkan sejumlah pencapaian penting pada tahun pertama.

Pencapaian ini mencakup evaluasi awal mengenai keanekaragaman hayati dan proses dekarbonisasi di unit usaha pembangkit listrik, pemetaan sosial yang menyeluruh di seluruh unit usaha pertambangan dan ketenagalistrikan, serta penguatan komitmen terhadap inklusivitas, keberagaman, dan kesetaraan gender.

Lebih lanjut, pembentukan Komite ESG (Environmental, Social, and Governance) menandai langkah strategis dalam integrasi praktik ESG, sementara investasi dalam inisiatif penanggulangan perubahan iklim menunjukkan komitmen Perseroan terhadap isu lingkungan global.

Selain itu, program pelatihan tentang Praktik Bisnis Berkelanjutan yang diadakan untuk tim Manajemen Senior mencerminkan komitmen Perseroan dalam memastikan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan di semua tingkatan organisasi.

"Melalui Towards a Better Society 2030 (TBS2030), kami tidak hanya berkomitmen untuk pertumbuhan bisnis, tetapi juga untuk menciptakan dampak positif melalui praktek bisnis berkelanjutan dan inklusif," tegas Nafi. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.