Note

AUD/USD: Hasil pertemuan RBA bulan Desember menambah tekanan pada AUD

· Views 35

AUD/USD anjlok: pada hari Senin, dolar Australia mendekati angka 67, sementara itu sedang menuju ke dasar tingkat harga ke-65 pada hari Selasa. Dinamika penurunan ini tidak hanya didorong oleh kekuatan greenback namun juga oleh kelemahan dolar Australia. Pertemuan Reserve Bank of Australia pada bulan Desember tidak mendukung kenaikan. Akibatnya, AUD melemah.

Perlu dicatat bahwa secara keseluruhan, RBA menerapkan skenario dasar, mempertahankan suku bunga tidak berubah dan memungkinkan pengetatan kebijakan moneter tambahan "jika diperlukan." Namun, nada pernyataan yang menyertainya agak melunak – beberapa formulasi dalam dokumen tersebut mengecewakan para pembeli, meskipun tidak ada yang berubah secara mendasar. Bank sentral hanya menunjukkan bahwa dalam kondisi suku bunga tinggi, perekonomian Australia telah "agak melambat". Selain itu, bank sentral juga memperhatikan tingginya tingkat ketidakpastian mengenai prospek perekonomian Tiongkok dan dampak konflik eksternal.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
AUD/USD: Hasil pertemuan RBA bulan Desember menambah tekanan pada AUD

Tiongkok telah menjadi sumber kekhawatiran baru-baru ini. Di tengah peningkatan tajam penyakit pernafasan, pekan lalu terdapat informasi bahwa keuntungan perusahaan industri besar di China pada Januari hingga Oktober mengalami penurunan signifikan sebesar 7,8%. Selain itu, PMI Manufaktur Tiongkok turun menjadi 49,4 poin di bulan November (hasil terburuk sejak Juli). Lembaga pemeringkat Moody's menurunkan prospek peringkat kredit Tiongkok dari "stabil" menjadi "negatif." Salah satu alasan utamanya adalah perkiraan perlambatan pertumbuhan ekonomi dan tingginya risiko di sektor real estate. Menurut para ekonom Moody's, pertumbuhan PDB tahunan Tiongkok akan melambat menjadi 4% pada tahun depan dan pada tahun 2025, dan rata-rata sebesar 3,8% dari tahun 2026 hingga 2030.

Mengenai melemahnya perekonomian Australia (disebutkan dalam pernyataan RBA yang menyertainya), saat ini terdapat tanda-tanda tidak langsung. Misalnya, volume penjualan ritel di bulan Oktober mengalami penurunan sebesar 0,2% setelah pertumbuhan yang lemah (0,9%) di bulan September. Indikator tersebut berubah negatif untuk pertama kalinya sejak bulan Juni. PMI Manufaktur juga menurun. Pada bulan November, indikatornya mencapai 47,7 (tren turun telah diamati selama tiga bulan berturut-turut).

Namun, indikator-indikator ini tidak terlalu penting, sementara laporan PDB kuartal ketiga akan dirilis pada hari Rabu. Jika indikator ini juga ternyata berada di "zona merah" (mengingat perkiraan yang cukup lemah), dolar Australia akan berada di bawah tekanan yang signifikan. Menurut sebagian besar ahli, perekonomian Australia tumbuh sebesar 1,8% secara tahunan pada periode Juli hingga September. Sebagai perbandingan, pada kuartal ketiga tahun 2022, volume PDB meningkat sebesar 5,9%, pada kuartal keempat - sebesar 2,6%, pada kuartal pertama tahun 2023 - sebesar 2,4%, dan pada kuartal kedua - sebesar 2,1%. Trennya jelas, jadi jika indikatornya memenuhi tingkat perkiraan (belum lagi "zona merah"), kita dapat mengkonfirmasi teori bahwa perekonomian Australia sedang melemah. Secara triwulanan, volume PDB akan tumbuh sebesar 0,4%.

Singkatnya, kita dapat menarik beberapa kesimpulan.

Pertama, setelah pertemuan bulan Desember, RBA menerapkan skenario dasar yang paling diharapkan. Tidak ada yang mengharapkan adanya perubahan kebijakan; namun, retorika pernyataan akhir lebih lembut dibandingkan ekspektasi sebagian besar ahli. Anggota RBA khawatir terhadap Tiongkok dan melemahnya perekonomian Australia, dan fakta ini mengurangi sikap hawkish bank sentral tersebut. Oleh karena itu, dolar Australia bereaksi terhadap sikap lemah dari pernyataan yang menyertainya.

Kesimpulan kedua agak bertentangan dengan kesimpulan pertama: persoalan pengetatan kebijakan moneter masih menjadi agenda. Bank sentral tidak menekankan perlambatan inflasi bulanan di bulan Oktober (Indeks Harga Konsumen mencapai 4,9% dibandingkan perkiraan 5,2%). Namun, hal ini mengindikasikan bahwa perlunya kenaikan suku bunga lagi akan bergantung pada data yang masuk dan penilaian risiko saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa peran yang menentukan di sini akan dimainkan oleh data pertumbuhan inflasi untuk kuartal keempat. Laporan terkait akan diterbitkan awal tahun depan, tetapi laporan tersebut akan mendahului pertemuan RBA pertama pada tahun 2024 (dijadwalkan pada bulan Februari).

Kesimpulan ketiga adalah dolar Australia tetap menjadi "pengikut" pasangan AUD/USD. Tidak ada argumen kuat yang mendukung pembalikan harga dolar Australia. Oleh karena itu, dinamika kenaikan mungkin terjadi dalam kondisi melemahnya dolar AS secara luas.

Dari sudut pandang teknis, pasangan ini mempertahankan potensi penurunan lebih lanjut. Saat ini, aussie sedang menguji level support di 0.6550 (garis bawah indikator Bollinger Bands pada grafik 4 jam). Ada kemungkinan besar bahwa pertahanan akan menembus target ini, sehingga target utama pergerakan ke bawah berada sedikit di bawah, di level 0,6500 (garis Kijun-sen pada grafik harian).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.