Note

Kredit Buat UMKM Rp1.600 Triliun, Erick : 83 Persennya Dari BRI

· Views 35

Pasardana.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan, bahwa dorongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membentuk ekosistem bagi UMKM, baik dari sisi pendanaan, akses pasar dan pendampingan telah dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, alias BRI (IDX: BBRI) sebagai perusahaan BUMN. 

"UMKM adalah prioritas pertumbuhan ekonomi nasional, dan BRI sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar diharapkan terus bergerak menciptakan ekosistem bagi pelaku UMKM dengan tujuan utama, ekonomi tumbuh," kata Erick di JCC Jakarta, Kamis (7/12).

Disampaikan Erick, hingga akhir September 2023, bank Himbara atau bank-bank BUMN sudah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp1.600 triliun.

Dari total penyaluran kredit bank berplat merah itu, di dominasi oleh BRI.

"Kebetulan 83 persen itu BRI, tapi kita juga berharap dan mendorong Himbara-Himbara lainnya untuk bisa meningkatkan," ujar Erick.

Erick melanjutkan, pihaknya dan bank Himbara juga sudah melakukan dorongan kepada UMKM untuk masuk kedalam akses layanan digital. 

"Kami terus di BUMN dan Himbara pada hari ini sudah melakukan dorongan kepada 30 juta pelaku UMKM yang sudah masuk kepada sistem digital," tukasnya. 

Untuk memberikan sedikit tantangan, Erick meminta BRI untuk terus bergerak menciptakan ekosistem yang lengkap bagi pelaku UMKM di dalam negeri.

Ada berbagai program yang telah diterapkan oleh BRI, termasuk program pemberdayaan seperti UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 ini telah terbukti sukses dalam memutar perekonomian secara keseluruhan.

"Bisa dilihat kalau slogannya Brilianpreneur itu semakin bersinar seperti berlian," tutur Erick.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.