Note

Genjot Ekspor, Pemerintah Dorong Terus Hilirisasi Industri

· Views 41
Genjot Ekspor, Pemerintah Dorong Terus Hilirisasi Industri
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance
Nusa Dua

Pemerintah mengandalkan program hilirisasi menjadi kunci pendorong pertumbuhan dan menciptakan peluang ekonomi Indonesia di tengah meningkatnya fragmentasi geo-ekonomi. Indonesia yang kaya mineral dinilai dapat berkontribusi pada rantai pasok global.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan surplus neraca perdagangan Indonesia terus menurun meski kondisinya masih surplus selama 3,5 tahun. Guna menghasilkan nilai tambah, pemerintah sedang mendorong hilirisasi sumber daya alam dan mineral.

"Ini adalah pendekatan industrialisasi yang kami yakini berakar pada sumber daya alam dan mineral kita karena kita berusaha mencapainya. Pada saat yang sama mencoba melihat kemungkinan bagaimana sumber daya alam dan sumber daya alam dapat dimanfaatkan," kata Suahasil dalam Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED) ke-12 di Grand Hyatt Bali, Kamis (7/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Suahasil, program hilirisasi ini akan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam 10-20 tahun ke depan.

"Saya pikir inilah jalan yang harus ditempuh untuk negara seperti Indonesia saat ini. Saya yakin ini akan cukup menantang, namun jika kita menantikan satu atau dua dekade ke depan, saya yakin itulah jalan yang harus ditempuh demi kesejahteraan rakyat," ucapnya.

Saran soal program hilirisasi di halaman berikutnya. Langsung klik

Halaman 1 2
Selanjutnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.