Note

Analisis EUR/USD, 7 Desember 2023

· Views 52

Analisis EUR/USD, 7 Desember 2023

Analisis gelombang pada grafik 4 jam untuk pasangan euro/dolar masih cukup jelas. Selama setahun terakhir, kita hanya melihat tiga struktur gelombang yang terus-menerus bergantian satu sama lain. Sepanjang tahun 2023, saya secara teratur telah menyebutkan bahwa saya memperkirakan pasangan ini akan berada di sekitar angka ke-5, dari sana pembentukan struktur tiga gelombang ke atas yang terkini dimulai. Target ini tercapai setelah terjadi penurunan pada bulan Juli–Oktober. Setelah mencapai target ini, pembangunan gelombang korektif 2 atau b dimulai, yang telah mengambil bentuk lima gelombang yang jelas namun lebih kompleks setelah laporan inflasi AS. Namun demikian, skenario kerjanya tetap sama – konstruksi gelombang 3 atau c.

Apapun hasil dari gelombang 2 atau b (saya peringatkan bahwa ini bisa menjadi jauh lebih kompleks), penurunan mata uang Eropa secara keseluruhan tidak akan selesai, karena dalam hal apapun, pembangunan gelombang ketiga dari tren penurunan diperlukan. Kemungkinan besar, gelombang e di 2 atau b mengambil bentuk lima gelombang yang diperpanjang, namun mungkin sudah selesai.

Euro masih berada di bawah tekanan pasar.

Nilai tukar euro/dolar naik 10 bps pada hari Kamis, namun semua pelaku pasar memahami bahwa 10 poin hanyalah gangguan pasar. Tidak ada kesimpulan yang bisa diambil dari pergerakan semacam itu. Tidak mungkin menyatakan bahwa wave internal pertama dalam komposisi 3 atau c telah selesai – deviasi kuotasi dari harga terendah yang dicapai terlalu kecil. Hari ini, secara umum adalah hari yang sangat membosankan bagi pasangan ini. Latar belakang berita lemah, namun hari esok kuat. Saya tidak mengecualikan bahwa pasar telah mengalihkan fokusnya ke hari Jumat, ketika laporan gaji nonpertanian dan pengangguran AS akan dirilis. Saya memperkirakan pergerakan yang lebih kuat selama sesi Amerika dibandingkan pada sesi Eropa (hal ini cukup sering terjadi). Sementara itu, amati laporan dari Uni Eropa yang dirilis pagi ini.

Produksi industri di Jerman turun 0,4% setiap bulan di bulan Oktober. Sebaliknya, pasar memperkirakan kenaikan 0,2%. PDB Uni Eropa menurun 0,1% setiap kuartal dan sebesar 0% setiap tahun pada kuartal ketiga. Jika pasar mengharapkan nilai seperti itu setiap kuartal, maka secara tahunan, pasar memperkirakan akan mencapai +0,1%, namun hal itu tidak diharapkan terjadi. Akibatnya, kedua laporan ini tidak penting namun tetap harus mendukung euro. Hal ini membuktikan bahwa hanya ada beberapa hal yang baik dalam perekonomian Eropa. Beberapa analis secara teratur berbicara tentang masalah-masalah dalam perekonomian AS. Seperti yang bisa kita lihat, perekonomian Uni Eropa juga tidak terlalu mengesankan.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Analisis EUR/USD, 7 Desember 2023

Kesimpulan umum

Berdasarkan analisis yang dilakukan, konstruksi rangkaian gelombang ke bawah terus berlanjut. Target di sekitar angka 1,0463 telah tercapai dengan sempurna dan kegagalan upaya untuk menembus level ini menunjukkan transisi ke konstruksi gelombang korektif. Wave 2 atau b telah mengambil bentuk yang lengkap, jadi dalam waktu dekat, saya memperkirakan pembentukan wave 3 atau c ke bawah impulsif dengan penurunan signifikan pada pasangan ini. Saya tetap merekomendasikan penjualan dengan target di bawah terendah wave 1 atau a. Saat ini, wave 2 atau b dianggap selesai.

Pada skala gelombang yang lebih besar, terlihat bahwa konstruksi gelombang korektif 2 atau b terus berlanjut, yang panjangnya sudah lebih dari 61,8% dari gelombang pertama, menurut Fibonacci. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ini tidak penting; skenario dengan konstruksi wave 3 atau c dan penurunan pasangan di bawah angka ke-4 tetap berlaku.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.