Note

Langkah Perbankan RI Lawan Disrupsi Teknologi dengan Transformasi Digital

· Views 54
digitalisasi di industri perbankan (freepik)

JAKARTA, iNews.id - Industri perbankan di Tanah Air saat ini tengah menghadapi disrupsi atau perubahan pascainovasi teknologi baru. Hal itu terbukti dari cara-cara nasabah menggunakan layanan banking.

Kala itu, mesin ATM dioperasikan di Indonesia pertama kali pada tahun 1986. Kemudian internet banking diperkenalkan di tahun 2001. Secara tidak langsung perubahan ini berdampak pada pengurangan jumlah cabang selama lima tahun terakhir dan pergeseran keahlian yang dibutuhkan.

Merespons hal itu, Forum Human Capital Perbankan Indonesia (FHCPI) menyelenggarakan Conference untuk membahas dan mengevaluasi tren terkini dari mancanegara. Kegiatan ini juga menghadirkan Deputy Director of Banking Regulation dari OJK, Vika Fadilla A.

Menurut Ketua Umum FHCPI, Suryantoro Waluyo penting adanya upaya dan tindak lanjut yang cepat, serentak, dan menyeluruh, agar industri perbankan di Indonesia dapat mengimbangi laju perubahan teknologi, bertahan agar tetap relevan. Dengan begitu, perbankan mampu untuk memanfaatkan bonus demografi menuju era Indonesia Emas di tahun 2045.  

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.