Note

Alarm Wall Street: Bagaimana Laporan Ketenagakerjaan Memengaruhi Pasar?

· Views 43

Alarm Wall Street: Bagaimana Laporan Ketenagakerjaan Memengaruhi Pasar?

Indeks saham AS berakhir melemah pada hari Rabu, didorong oleh penurunan saham-saham perusahaan besar dan sektor energi, serta memburuknya kondisi di sektor minyak dan gas, teknologi, dan keuangan. Tren ini telah memperkuat pandangan bahwa Federal Reserve dapat menurunkan suku bunga pada awal tahun depan karena melemahnya pasar tenaga kerja.

Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP menunjukkan bahwa pada bulan November, pekerjaan sektor swasta meningkat sebesar 103.000, lebih kecil dari angka yang diharapkan yaitu sebesar 130.000. Hal ini mengonfirmasi tren melemahnya pasar tenaga kerja setelah laporan pengurangan lowongan pekerjaan pada bulan Oktober.

Para ahli menginterpretasikan data terbaru ini sebagai tanda bahwa kenaikan suku bunga Federal Reserve mulai berdampak pada perekonomian. Bill Mertz dari U.S. Bank Wealth Management mencatat bahwa perubahan yang terjadi saat ini selaras dengan gambaran keseluruhan perlambatan pertumbuhan lapangan kerja. Hal tersebut memang belum menjadi masalah, tetapi dapat menjadi kekhawatiran jika tren ini terus berlanjut dan menyebabkan pemutusan hubungan kerja yang signifikan.

Penurunan nilai saham-saham perusahaan energi memberikan tekanan tambahan pada indeks-indeks saham. Harga minyak turun 4% karena peningkatan persediaan bensin AS yang tak terduga, meningkatkan kekhawatiran tentang permintaan bahan bakar.

Dari sebelas indeks sektor S&P 500, delapan di antaranya menunjukkan penurunan. Penurunan paling signifikan terjadi pada sektor energi (.SPNY) yang turun sebesar 1,64%, diikuti oleh sektor teknologi informasi (.SPLRCT) dengan penurunan sebesar 0,93%.

Di antara perusahaan-perusahaan individual, saham Nvidia (NVDA.O) turun sebesar 2,3%. Penurunan yang signifikan juga terlihat pada saham perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft (MSFT.O) dan Amazon (AMZN.O), yang kehilangan lebih dari 1% nilainya.

Meskipun indeks S&P 500 turun secara keseluruhan, jumlah isu yang naik dalam indeks ini (.AD.SPX) melebihi jumlah isu yang turun dengan rasio 1,3 banding satu, yang mengindikasikan keseimbangan tertentu di pasar.

Pada hari Jumat, laporan yang lebih rinci mengenai ketenagakerjaan non-pertanian untuk bulan November diharapkan, yang akan memberikan informasi tambahan mengenai kondisi pasar tenaga kerja dan membantu menilai tren ekonomi saat ini.

Para investor mengamati dengan seksama tindakan Federal Reserve, memperkirakan bahwa bank sentral akan mempertahankan suku bunga pada tingkat pertemuan saat ini pekan depan. Ada juga spekulasi bahwa Fed mungkin akan mulai menurunkan suku bunga pada awal Maret dengan mempertimbangkan situasi ekonomi dan data pasar tenaga kerja saat ini.

Sebagian besar analis percaya bahwa Federal Reserve (Fed) tidak akan mengubah suku bunga setidaknya hingga bulan Juli, menunda potensi penurunan suku bunga ke tanggal yang lebih lambat dari yang diasumsikan sebelumnya.

Optimisme mengenai penurunan suku bunga ini berkontribusi pada kenaikan hampir 9% pada S&P 500 (.SPX) pada bulan November. Namun, pada saat ini, indeks ini masih sekitar 9% di bawah rekor tertingginya yang dicapai pada bulan Desember 2021.

Indeks S&P 500 menunjukkan penurunan sebesar 0,39%, ditutup pada 4.549,34 poin. Meskipun terjadi penurunan secara keseluruhan, beberapa komponen indeks menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Saham Campbell Soup Company (NYSE:CPB) naik sebesar 7,18%, mencapai harga $43,27. Saham Carnival Corporation (NYSE:CCL) naik sebesar 5,91%, ditutup pada harga $17,48. Selain itu, saham Bath & Body Works Inc (NYSE:BBWI) naik sebesar 4,94%, menutup trading di harga $36,99.

Indeks Komposit Nasdaq (.IXIC) juga menunjukkan penurunan, turun sebesar 0,58% menjadi 14.146,71. Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun sebesar 0,19%, mencapai level 36.054,43. Angka-angka ini mencerminkan kondisi pasar saat ini, ekspektasi investor, dan reaksi terhadap berita ekonomi, termasuk spekulasi mengenai tindakan Fed di masa depan.

Di antara komponen-komponen indeks Dow Jones, saham yang memimpin kenaikan pada akhir trading terakhir adalah saham Walgreens Boots Alliance Inc (NASDAQ: WBA), yang naik sebesar 0,87 poin (4,24%), ditutup pada $21,38. Saham Boeing Co (NYSE:BA) juga menunjukkan pertumbuhan, naik sebesar 2,76 poin (1,18%) dan mengakhiri trading pada $236,92. Saham 3M Company (NYSE:MMM) naik sebesar 1,14 poin (1,12%), ditutup pada $102,83.

Volume trading di bursa Amerika berada di atas rata-rata: sekitar 11,3 miliar saham terjual, melebihi rata-rata 10,7 miliar saham selama 20 sesi terakhir.

Saham Plug Power (PLUG.O) mengalami penurunan yang signifikan, yaitu sebesar 5,9% setelah Morgan Stanley menurunkan peringkat perusahaan yang memproduksi sel bahan bakar hidrogen ini dari 'equal-weight' menjadi 'underweight'.

Selain itu, tercatat penurunan saham raksasa tembakau Altria Group (MO.N) dan Philip Morris International (PM.N) sebesar 2,8% dan 1,6%. Hal ini terjadi setelah pengumuman oleh British American Tobacco (BATS.L) mengenai kerugian sebesar $31,5 miliar akibat penurunan nilai beberapa merek rokok di Amerika Serikat.

Saham Campbell Soup (CPB.N) menunjukkan kenaikan signifikan sebesar 7,1% setelah perusahaan ini melampaui ekspektasi analis untuk laba kuartalan, berkat kenaikan harga untuk makan siang dalam kemasan dan makanan ringan.

Dalam konteks indeks, S&P 500 mencapai 29 level tertinggi baru dan tidak mencatat level terendah baru. Pada saat yang sama, Nasdaq mencatat 99 level tertinggi baru dan 93 level terendah baru.

Indeks Volatilitas CBOE, yang dihitung berdasarkan perdagangan opsi S&P 500, naik tipis sebesar 0,93%, mencapai 12,97, mengindikasikan tingkat ketidakpastian pasar saat ini.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari menunjukkan kenaikan sebesar 0,38%, naik sebesar 7,65 dan mencapai angka $2.000 per troy ons. Perubahan ini mencerminkan dinamika pasar logam mulia saat ini.

Di sektor energi, minyak mentah berjangka WTI untuk pengiriman bulan Januari mengalami penurunan sebesar 4,29%, turun 3,10, dan mencapai $69,22 per barel. Ada juga penurunan pada minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman bulan Februari, turun sebesar 3,87% atau turun sebesar 2,99, dan menetap di $74,21 per barel. Perubahan-perubahan ini menunjukkan kondisi dan tren saat ini di sektor energi.

Di pasar mata uang Forex, dapat diamati perubahan-perubahan berikut: pasangan mata uang EUR/USD menunjukkan sedikit perubahan sebesar 0,28% dan mencapai 1,08. Kuotasi USD/JPY meningkat 0,15% ke level 147,37, yang mencerminkan perubahan nilai tukar mata uang antara euro, dolar AS, dan yen Jepang.

Kontrak berjangka indeks dolar AS (USD) juga menunjukkan kenaikan, naik sebesar 0,14% dan mencapai 104,14. Perubahan ini mengindikasikan fluktuasi nilai dolar AS relatif terhadap sekumpulan mata uang utama di pasar global.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.