Note

GBP/USD. Komentar halus dari Andrew Bailey dan laporan ADP yang mengecewakan

· Views 42

Gubernur Bank of England, Andrew Bailey, memberikan tekanan pada mata uang Inggris pada hari Rabu, meskipun dia tidak mengumumkan hal baru atau terobosan yang sangat penting – dia hanya mengulangi teori yang sebelumnya diutarakan bahwa tingkat suku bunga harus tetap pada level saat ini. Dia telah mengulangi ide ini beberapa kali, berbeda dengan beberapa rekan kerjanya yang baru-baru ini membuat kejutan di pasar dengan pernyataan hawkish mereka. Bailey pada dasarnya membantah niat hawkish bank sentral: menurutnya, tingkat saat ini "berfungsi," dan dalam menentukan prospek lebih lanjut, bank sentral akan memperhitungkan sejauh mana kebijakan moneter yang ketat dan efek tertinggal dari kebijakan moneter. Selain itu, Bailey menyebut efek samping dari kebijakan moneter yang ketat dan risiko terhadap stabilitas keuangan yang mungkin muncul dalam waktu yang dapat diprediksi (di sini dia menyatakan kekhawatiran tentang keadaan ekonomi Tiongkok – menurutnya, ini adalah "ketidakpastian utama").

GBP/USD. Komentar halus dari Andrew Bailey dan laporan ADP yang mengecewakan

Dengan kata lain, Bailey menyarankan bahwa ia akan mengikuti prinsip medis "tidak menyebabkan kerusakan," terutama karena tingkat saat ini efektif, sebagaimana terbukti oleh laporan inflasi Inggris yang baru-baru ini.

Sebagai tambahan informasi, Indeks Harga Konsumen (CPI) turun tajam secara bulanan menjadi nol. Secara tahunan, indikator tersebut juga memasuki "zona merah," mencapai 4,6% (prakiraan sebesar 4,8%) – tingkat pertumbuhan ter lambat sejak Oktober 2021. CPI inti pada bulan Oktober turun menjadi 5,7% – tingkat pertumbuhan terlemah sejak Maret 2022. Indeks harga ritel, yang digunakan oleh pengusaha Inggris dalam negosiasi gaji, juga melambat. Secara bulanan, menunjukkan daerah negatif (-0,2% MoM) melawan perkiraan pertumbuhan menjadi 0,1% MoM, dan secara tahunan, turun menjadi 6,1% YoY, melawan perkiraan pertumbuhan menjadi 6,3%.

Laporan ini diterbitkan pertengahan November, dan pada dasarnya, ini mengakhiri perdebatan lamban tentang perlunya kenaikan suku bunga lainnya.

Namun, beberapa anggota BoE terus mengeluarkan retorika hawkish, menyarankan putaran lain kenaikan suku bunga. Terutama, Jonathan Haskell menyatakan bahwa penurunan CPI "tidak dapat menjadi panduan yang dapat diandalkan untuk menentukan tren inflasi." Menurutnya, inflasi tetap pada tingkat yang terlalu tinggi, dan fakta ini "tidak bisa tidak menjadi kekhawatiran." Rekan kerjanya, Catherine Mann, mengembangkan ide ini, menyatakan bahwa telah ada tanda-tanda inflasi yang berkelanjutan akhir-akhir ini, menunjukkan perlunya ketatnya kebijakan tambahan. Deputi Gubernur Dave Ramsden juga mengusulkan kenaikan suku bunga, mencatat bahwa survei rumah tangga dan bisnis terkini menunjukkan harapan inflasi yang stabil.

Mengingat dinamika menurun dari indikator inflasi utama, komentar semacam ini tampak sedikit tidak logis. Namun, penting untuk mencatat bahwa pernyataan ini dibuat di dalam dinding House of Commons Parlemen Inggris, sehingga motif politik tidak dapat diabaikan dalam hal ini. BoE menunjukkan bahwa mereka siap bertindak dengan tegas – jika perlu, mereka akan menggunakan alat yang diperlukan untuk meredam inflasi. Oleh karena itu, Bailey cukup menahan diri dalam penilaian pada pertemuan tersebut. Dia kemudian menyatakan bahwa bank sentral berada "di puncak kenaikan datar." Dengan begitu, dia menunjukkan bahwa tingkat suku bunga berada di puncaknya, tetapi masih terlalu dini untuk membicarakan pelonggaran kebijakan moneter.

Pada hari Rabu, Bailey pada dasarnya mengkonfirmasi posisinya: dia mendukung mempertahankan sikap menunggu, mencatat efektivitas tingkat saat ini dan risiko potensial terhadap ekonomi.

Data PMI Konstruksi untuk Inggris juga menambah tekanan pada pound. Angka ini mencapai 45,6 poin melawan perkiraan sebesar 46,3. Indikator ini telah berada di bawah level kunci 50 poin (menunjukkan kontraksi) selama tiga bulan berturut-turut.

Latar belakang fundamental ini memungkinkan bears untuk memperbarui harga terendah satu setengah minggu, tetapi momentum bears memudar pada awal sesi AS Rabu. Kali ini, dolar mengalami tekanan, mengikuti laporan lemah dari ADP, yang mencerminkan gambaran pekerjaan yang suram di Amerika Serikat. Dengan pertumbuhan pekerjaan non-pertanian yang diproyeksikan sebesar 130.000 (yang sudah cukup rendah), indikator tersebut mencapai 103.000 (dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 106.000).

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
GBP/USD. Komentar halus dari Andrew Bailey dan laporan ADP yang mengecewakan

Ini adalah sinyal yang sangat mengkhawatirkan bagi pembeli dolar, memberi peringatan bahwa Non-Farm Payrolls November, yang diharapkan akan dirilis pada hari Jumat, juga bisa berakhir di "zona merah." Indikator pasar tenaga kerja lainnya di AS, Job Openings and Labor Turnover Survey (JOLTs), menunjukkan hasil terlemah sejak Mei 2021. Biaya tenaga kerja rata-rata untuk kuartal ketiga juga direvisi turun. Menurut penilaian akhir, indikator tersebut turun menjadi -1,2% (estimasi awal sebesar -0,9%).

Arus berita negatif untuk dolar menghentikan momentum beruang, tetapi situasinya tetap tidak pasti. Menurut pendapat saya, Anda hanya harus mempertimbangkan posisi pendek setelah beruang berhasil menembus garis bawah indikator Bollinger Bands pada grafik 4 jam, yang bersamaan dengan level 1,2670. Dalam hal ini, target selanjutnya adalah 1,2500 – garis tengah dari Bollinger Bands pada grafik harian. Namun, mengingat laporan ADP dan JOLT yang lemah dirilis menjelang Non-Farms, tidak perlu bergegas untuk posisi short – setidaknya hingga bears berhasil menetap di bawah level support 1,2570.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.