Note

Anggaran Rp22,1 Miliar Buat Bangun 10 Kalamo, KKP : Masih Kurang

· Views 34

Pasardana.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendapat tugas untuk membangun 10 kampung nelayan modern (Kalamo) dengan anggaran sebesar Rp22,1 miliar.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Trian Yunanda mengungkapkan, dengan anggaran tersebut dan setelah melakukan perhitungan, anggaran itu hanya cukup untuk membangun satu Kalamo. Yakni di Desa Samber-Binyeri, Biak Numfor, Papua.

"Sebetulnya, untuk kemarin yang kita resmikan itu (di Desa Samber-Binyeri, Biak Numfor, Papua) mengeluarkan anggaran Rp22,1 miliar, sudah lengkap proses social engineering-nya di sana," ungkap Trian dalam Bincang Bahari bertajuk Kampung Nelayan Modern di Jakarta, Rabu (6/12).

Untuk diketahui, program Kalamo merupakan upaya pemerintah untuk mengubah wajah kampung nelayan tradisional menjadi modern dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pengusahaan perikanan modern yang dapat meningkatkan produktivitas, kompetensi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Disampaikan Trian, saat membangun Kalamo ini, kata dia, KKP melakukan penataan ulang dari nol.

"Saya ditugaskan untuk bangun 10 (Kalamo), tapi anggaran yang ada kita hitung-hitung ketemunya tiga, dan ternyata masih kurang, akhirnya cuma jadi satu (Kalamo)," ujarnya.

Anggaran sebesar Rp22,1 miliar itu, dijelaskan Trian, digunakan untuk pembangunan fasilitas pokok produksi perikanan, berupa dermaga dan tambahan perahu, jalan akses dan jalan kawasan, instalasi air bersih, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Mandi Cuci Kakus (MCK), penerangan, gardu pandang, shelter perdaratan, turap beton dan pedestrian.

Selain itu, anggaran tersebut juga digunakan untuk pembangunan fasilitas pengusahaan perikanan, berupa kantor koperasi pengelola, pabrik es portabel kapasitas 3 ton, gudang beku portabel kapasitas 10 ton, sarana perbaikan kapal, sentra kuliner, kios persediaan, bengkel nelayan, kendaraan berpendingin roda 4.

Anggaran juga digunakan untuk bantuan sarana penangkapan ikan, berupa kapal penangkapan ikan dan mesin sebanyak 20 unit, mesin Yamaha 15 PK sebanyak 5 unit, API gillnet monofilamen sebanyak 51 unit, API handline sebanyak 228 unit, coolbox sebanyak 120 unit.

Dan digunakan juga untuk peningkatan kapasitas dan produktivitas usaha perikanan, berupa fasilitasi dan pendampingan kelembagaan dan usaha, program magang koperasi, pelatihan perawatan mesin kapal perikanan, bimbingan teknis sertifikasi kecakapan nelayan.

"Kita membangun, melakukan penataan tadi, melakukan perbaikan-perbaikan fasilitas yang dibutuhkan agar proses produksi bisa optimal," ujarnya.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.