Note

PLN-ACWA Power Jalin Kerja Sama Bangun Dua PLTS Terapung

· Views 33

Pasardana.id - PT PLN (Persero) bersama ACWA Power, sebuah perusahaan energi asal Arab Saudi, menjalin kerja sama untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Dari rencana yang disepakati, PLTS Terapung inibakan dibangun di Danau Singkarak, Sumatera Barat dan di Waduk Saguling, Jawa Barat.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan, PLN akan melanjutkan kesuksesan pembangunan PLTS terapung di Indonesia. Menurutnya, potensi surya di Indonesia yang besar dan luasan permukaan danau di Indonesia, bisa digunakan untuk mengakselerasi EBT.  

"Pengembangan PLTS terapung ini menjadi revolusi pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dalam negeri. Kami berharap proyek ini mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pengembangan bisnis EBT di Indonesia," kata Darmawan, melalui keterangan resmi, Rabu (6/12). 

Darmanwan menambahkan, dalam pengembangannya, pihaknya telah melakukan studi kelayakan dan pengurusan perizinan. Sehingga, pembangunan PLTS terapung telah dinyatakan sebagai Proyek Strategis Nasional.

PLTS Terapung Singkarak akan berdiri di atas 0,26 persen total luas Danau Singkarak, Sumatera Barat. Rencananya, PLTS Terapung Singkarak akan memiliki kapasitas 77 megawatt peak (MWp). 

Saat beroperasi, listrik akan disalurkan melalui interkoneksi 150 kiloVolt (kV). Sehingga, mampu memenuhi kebutuhan listrik bersih di sistem Sumatera. 

"Harapannya, PLTS Terapung Singkarak bisa mendorong pertumbuhan industri dan perekonomian di Sumatera. Saat ini, Sumatera merupakan salah satu wilayah dengan kapasitas terpasang EBT yang cukup besar," ucap Darmawan. 

Untuk PLTS Terapung Saguling akan menggunakan 1,69 persen total luas permukaan waduk Saguling, dengan kapasitas hingga 92 MWp. Nantinya, energi listrik yang dihasilkan akan dialirkan melalui interkoneksi 150 kV ke sistem kelistrikan Jawa, Madura dan Bali. 

Kerja sama ini, kata Darmawan, menjadi bukti kolaborasi dengan dunia internasional dalam mendukung transisi energi di dalam negeri. Dia menilai, kerja sama ini juga menajamkan langkah Indonesia sebagai negara dengan iklim investasi yang menarik.

CEO ACWA Power, Marco Arcelli, mengatakan kolaborasi bersama PLN merupakan perjalanan yang transformatif. Bersama PLN, ACWA melakukan pengembangan inovasi dan membaca peluang transisi energi sebagai pertumbuhan ekonomi.

"Kami memecahkan tantangan transisi energi ini bersama sama. Membuat berbagai inovasi baru dan menciptakan kolaborasi yang baik untuk masa depan dunia," ujar Marco.

Penandatanganan kerja sama PLN dan ACWA Power dilakukan di sela Konferensi Perubahan Iklim PBB atau COP28 di Dubai, Minggu (3/12/2023). Penandatanganan dilakukan oleh Dirut PLN, Darmawan Prasodjo, Dirut PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha, dan CEO ACWA Power Marco Arcelli.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.