Note

PGN (PGAS) Tambah Pasok Gas 10 BBTUD ke PLN Batam

· Views 35
PGN (PGAS) Tambah Pasok Gas 10 BBTUD ke PLN Batam
PGN (PGAS) Tambah Pasok Gas 10 BBTUD ke PLN Batam. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN (PGAS) menyalurkan tambahan volume gas bumi ke pembangkit listrik PLN Batam. Total volume yang disalurkan kurang lebih sebesar 10 BBTUD atau setara dengan ±8 juta liter BBM per bulan. 

Proses Gas In atau pengaliran gas pertama dimulai sejak Oktober 2023 dengan kontrak berlangsung multi years. Pembangkit ini merupakan plant baru yang akan memenuhi kebutuhan listrik di daerah Kawasan Industri Kabil dan sekitarnya.

Baca Juga:
PGN (PGAS) Tambah Pasok Gas 10 BBTUD ke PLN Batam PGN (PGAS) Siap Pasok Gas ke PT Aneka Baja Perkasa Industri

Adapun kapasitas pembangkit tersebut diperkirakan mampu menghasilkan listrik ± 50 MW.

“Penyaluran gas bumi untuk PLN Batam merupakan kontribusi PGN sebagai bagian dari Pertamina dalam menyediakan alternatif energi di masa transisi. Hal ini juga sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan industri di kawasan Pulau Batam yang merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia,” ujar General Manager PGN Sales and Operation Region I (SOR I), Andi Sangga Prasetia, dalam keterangannya, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga:
PGN (PGAS) Tambah Pasok Gas 10 BBTUD ke PLN Batam PGN (PGAS) Siap Lunasi Utang Obligasi Global Rp2,41 Triliun

Pengelolaan layanan dan infrastruktur gas bumi wilayah SOR I meliputi Pulau Sumatera. Sampai dengan saat ini telah menyalurkan gas bumi sebesar 163 BBTUD untuk 138.253 pelanggan di berbagai sektor mulai dari rumah tangga, industri& komersial, usaha kecil, transportasi dan pembangkit listrik. Wilayah Batam termasuk sebagai area operasi PGN dengan penyerapan gas bumi paling besar di SOR I.

“PGN Area Batam komitmen dalam memberikan keandalan pasokan gas agar PLN Batam dapat secara maksimal melayani masyarakat. Penyaluran gas untuk PLN di titik serah Kabil juga menambah mitra strategis PGN di sektor kelistrikan dan diharapkan dapat menambah keandalan ketersediaan listrik di Batam,” ujar Wendi Purwanto selaku Area Head Batam. 

Baca Juga:
PGN (PGAS) Tambah Pasok Gas 10 BBTUD ke PLN Batam Makin Moncer, PGAS Kantongi Rp813 Miliar dari Bisnis Non-Migas

Untuk mengantarkan gas tersebut, PGN berinvestasi membangun pipa sepanjang ±3,1 KM menuju titik serah yang berlokasi di Kabil.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.