Note

Bank BTPN Akan Rights Issue 3,095 Miliar Saham, Segini Nilainya

· Views 33
PT Bank BTPN Tbk berencana melakukan right issue atau penawaran umum terbatas. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - PT Bank BTPN Tbk (BTPN) menyampaikan rencana peningkatan modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) II atau penawaran umum terbatas (rights issue).

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, Selasa (5/12/2023), rights issue menawarkan sebesar 3.095.000.000 saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp20 per saham. Penyetoran atas saham pada PMHMETD II ini rencananya akan dilakukan dalam bentuk uang.

BTPN akan menyampaikan pernyataan pendaftaran right issue ini kepada OJK segera setelah diselenggarakannya rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada tanggal 7 Desember 2023. RUPSLB tersebut akan diminta untuk menyetujui rencana PMHMETD II.

"Perseroan berencana untuk menggunakan seluruh dana yang diterimanya dari PMHMETD II (setelah dikurangi dengan biaya emisi), untuk pembiayaan proyek Perseroan yang akan datang untuk pertumbuhan inorganic (termasuk melakukan akuisisi di perusahaan lain)," bunyi keterangan Manajemen Bank BTPN.

Manajemen BTPN menaksir setoran modal dari rights issue ini akan berdampak pada total modal BTPN. Ekuitas BTPN akan meningkat menjadi Rp40,2 triliun dari performa per 30 September 2023 sebanyak Rp33,5 triliun.

Jumlah penyertaan BTPN akan meningkat dari Rp1,3 triliun menjadi Rp8,0 triliun. Alhasil, posisi aset BTPN akan meningkat menjadi Rp181,8 triliun, dari performa per 30 September 2023 sebesar Rp175,1 triliun.

Artinya, BTPN menargetkan perolehan dana rights issue Rp6,7 triliun. Sehingga, harga pelaksanaan rights issue BTPN minimal Rp2.165 per saham.

Manajemen juga menyebut, jika dalam hal pemegang saham BTPN memilih untuk tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan dalam PMHMETD II, maka pemegang saham BTPN dapat mengalami penurunan persentase kepemilikan saham (dilusi) dalam jumlah maksimum sebesar 27,75 persen dengan menggunakan komposisi kepemilikan saham per 30 September 2023.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.