Note

Pefindo Kembali Downgrade Peringkat Obligasi Waskita Karya (WSKT)

· Views 50
Pefindo Kembali Downgrade Peringkat Obligasi Waskita Karya (WSKT)
Pefindo Kembali Downgrade Peringkat Obligasi Waskita Karya (WSKT) (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Lembaga pemeringkat, Pefindo kembali menurunkan peringkat surat utang PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menjadi idD.

Peringkat Obligasi Berkelanjutan (SR) III Tahap IV WSKT ini sebelumnya berada di level idCCC. 

Baca Juga:
Pefindo Kembali Downgrade Peringkat Obligasi Waskita Karya (WSKT) Waskita (WSKT) Bangun Dua Proyek Jaringan Irigasi Senilai Rp612 Miliar

"Tindakan pemeringkatan kami didasarkan pada RUPO yang diselenggarakan pada tanggal 22-23 November 2023, dimana pemegang obligasi gagal untuk mencapai kuorum usulan restrukturisasi obligasi untuk obligasi tanpa jaminan," tulis Pefindo dalam keterangan resmi, Senin (4/12/2023).

WSKT dinilai tetap tidak dapat memenuhi kewajiban finansialnya dalam jangka waktu tersebut masa tenggang 14 hari kerja sebagaimana diatur dalam perjanjian perwaliamanatan obligasi lantaran telah melewatkan pembayaran kupon yang jatuh tempo pada 16 November 2023.

Baca Juga:
Pefindo Kembali Downgrade Peringkat Obligasi Waskita Karya (WSKT) WSKT Ogah Masuk PPA dan Danareksa, Kementerian BUMN: Asetnya Banyak

Pefindo mempertahankan peringkat WSKT di idSD, yang merupakan peringkat SR Obligasi III Tahap II, SR Obligasi III tahap III, dan SR Obligasi IV di idD.

"Kami juga mengafirmasi peringkat obligasi III dan IV pada idAAA(gg) serta Sukuk Mudharabah I-nya di idAAA(sy)(gg), yang mencerminkan penuh, tanpa syarat, dan jaminan yang tidak dapat dibatalkan dari pemerintah Indonesia," tulis Pefindo.

Baca Juga:
Pefindo Kembali Downgrade Peringkat Obligasi Waskita Karya (WSKT) Saham Waskita (WSKT) Terancam Delisting, Kementerian BUMN Siapkan Solusi

Untuk utang yang dijamin surat berharga, para kreditur telah mengizinkan WSKT untuk tetap menjalankan kewajiban keuangannya dan Perseroan telah mengalokasikan dana yang cukup untuk pembayaran kupon berikutnya Sukuk dan Obligasi yang dijaminkan.

(DES)

Baca Juga:
Pefindo Kembali Downgrade Peringkat Obligasi Waskita Karya (WSKT) RUPO Waskita (WSKT) Tak Kuorum, Usulan Restrukturisasi Utang Tertunda Lagi

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.