Note

Wapres Harap Perguruan Tinggi Mampu Hasilkan Bisnis Ekonomi Syariah

· Views 32

Pasardana.id - Perguruan tinggi diharapkan memiliki peran yang mampu menghasilkan bisnis pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Utamanya, berbasis teknologi dan inovasi terkini. 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, masa depan bangsa Indonesia akan banyak dibentuk dan ditransformasi penerapan inovasi serta teknologi canggih hampir di setiap lini kehidupan.

Kata dia, disrupsi teknologi akan sangat menentukan keberhasilan dalam mengoptimalkan potensi pertumbuhan bisnis dan investasi halal ke depan.

Hal tersebut diutarakannya saat menghadiri Peluncuran Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2024 dan Peresmian Universitas Indonesia Industrial Government (I-GOV) Ke-3 Tahun 2023 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, pada Selasa (5/12).

“Saya titip kepada Universitas Indonesia untuk terus mencermati tren di tingkat global yang akan mempengaruhi model bisnis dan keuangan syariah. Sehingga kita dapat mengantisipasi perubahan, merebut peluang, dan memenangkan persaingan,” ujar Wapres.

Dirinya menambahkan dalam konteks pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, kemampuan berinovasi juga harus dikuasi oleh ulama. 

Menurutnya, kesesuaian aktivitas ekonomi dan keuangan dengan syariat Islam sebagian besar ditentukan oleh usaha ulama.

“Saya mendorong kerja sama kaum intelektual dan ulama Indonesia, agar langkah dan strategi pengembangan ekonomi keuangan syariah semakin inovatif dan terpadu. Sehingga, bangsa kita menjadi pelopor dalam inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah nasional dan global,” ujarnya. 

Tak hanya itu, Wapres pun mengingatkan, mendekati pergantian pemerintahan pada 2024 bukanlah alasan terhentinya upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air.

Hal seperti ini, kata dia, harus disadari oleh seluruh pemimpin bangsa ke depan.

“Saya meyakini, sudah sewajarnya bagi Indonesia untuk berada di bangku kemudi dalam pengembangan ekonomi syariah global. Dan, menjadi model bagi terwujudnya Islam dan kemajuan,” kata Wapres. 

“Saya bercita-cita, kelak literatur rujukan tentang ekonomi dan keuangan syariah dunia berasal dari Indonesia. Ahli-ahli ekonomi dan keuangan syariah yang berbicara di panggung-panggung ekonomi global juga orang Indonesia," timpalnya.

Dirinya kembali meminta seluruh pihak terus mengawal keberlanjutan program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dari tingkat pusat hingga daerah. 

“Saya meminta untuk dikawal terus keberlanjutan program ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus utama pembangunan nasional jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, di tingkat nasional dan daerah,” tandas Wapres.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.