Note

EUR/USD: Jangan percaya pada dorongan ke bawah

· Views 37

Lonjakan penghindaran risiko dan kenaikan imbal hasil Treasury adalah dua alasan utama mengapa dolar mencoba untuk memperkuat posisinya pekan ini. Perlu segera dicatat bahwa greenback tumbuh dengan dasar yang goyah, sementara banyak faktor fundamental lainnya yang tidak berkontribusi pada revaluasi mata uang Amerika, melainkan sebaliknya.

Namun, seperti yang dapat kita lihat, perubahan emosional yang menjadi "tumpangan" para trader telah membantu dolar untuk kembali menguat. Perlambatan inflasi di Amerika Serikat, penurunan sentimen hawkish, dan kenaikan ekspektasi dovish masih berada di bawah bayang-bayang peristiwa keras di Timur Tengah. Kisah musim gugur terulang kembali–geopolitik sekali lagi "menguasai" pasar mata uang. Namun, meski memiliki keakraban yang khas, akhir dari cerita ini tidak dapat diprediksi, seperti halnya akhir dari konflik militer.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD: Jangan percaya pada dorongan ke bawah

Pasangan EUR/USD mengakhiri hari trading kemarin di level 1,0836, di bawah level support 1,0850 (garis tengah indikator Bollinger Bands pada grafik harian). Dengan menembus hambatan harga ini, para penjual menunjukkan klaim mereka untuk mencapai level 1,07 sehingga tidak mengherankan jika hari ini harga mulai kembali meluncur turun, mencerminkan peningkatan permintaan untuk mata uang Amerika.

Namun demikian, saya menyatakan keyakinan saya bahwa untuk bear EUR/USD, "penurunan yang mulus" tidak akan terjadi. Jika hal tersebut terjadi (yang juga sangat diragukan), argumen untuk penurunan harga terlalu rapuh dan risiko pelemahan greenback terlalu tinggi terkait dengan Nonfarm Payrolls pada hari Jumat.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penguatan dolar safe-haven disebabkan oleh para investor yang melarikan diri ke "pelabuhan yang tenang" dan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS. Dinamika trading di pasar saham juga membuktikan hal ini. Secara khusus, Wall Street ditutup di zona merah kemarin, dengan saham-saham kelas atas seperti Apple, Amazon, dan Microsoft turun lebih dari 1% di bawah tekanan kenaikan imbal hasil obligasi. Indeks Dow Jones Industrial Average turun sebesar 95 poin (0,3%) pada hari Senin, S&P 500 turun sebesar 30 poin (-0,6%), dan NASDAQ Composite turun sebesar 135 poin (atau 0,9%).

Namun, hari ini imbal hasil obligasi pemerintah sudah mulai menurun. Secara khusus, imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun telah turun menjadi 4,23% (kemarin, indikatornya mendekati 4,30%).

Menurut beberapa analis, para trader akan segera beralih kembali ke faktor fundamental "klasik", sementara Timur Tengah akan kembali menjadi perhatian. Ini adalah skenario yang buruk bagi bull dolar, terutama jika Nonfarm Payrolls pada bulan November kembali berakhir di zona merah.

Perlu diingat bahwa dolar mulai kehilangan posisinya secara bertahap bahkan sebelum rilis data resonansi pertumbuhan inflasi di AS pada bulan Oktober, yang terjadi sedikit lebih awal ketika data pasar tenaga kerja AS untuk bulan Oktober dipublikasikan.

Jadi, tingkat pengangguran di Amerika Serikat secara tak terduga meningkat menjadi 3,9% pada bulan Oktober. Selama dua bulan sebelumnya, indikator ini berada di level 3,8%. Meskipun kenaikannya minimal, hasil untuk bulan Oktober adalah yang terburuk sejak Januari 2022. Menurut perkiraan sebagian besar ahli, pengangguran akan tetap berada pada level yang sama pada bulan November, tetapi beberapa analis percaya bahwa angka tersebut dapat naik menjadi 4,0%.

Jumlah tenaga kerja di sektor non-pertanian hanya naik sebesar 150.000 pada bulan Oktober (juga merupakan rekor terendah, hasil terlemah sejak Desember 2020). Selain itu, pertumbuhan yang signifikan pada bulan September (336.000) direvisi turun menjadi 297.000. Sedangkan untuk prospek November, hasil yang agak lemah juga diperkirakan (185.000), sekali lagi mengalami penurunan jauh dari patokan utama 200.000. Data mengenai upah juga mengecewakan pada bulan Oktober: tingkat pertumbuhan pendapatan per jam rata-rata turun menjadi 4,1% YoY (nilai terendah sejak Agustus 2021). Penurunan lebih lanjut ke tingkat 4,0% diperkirakan terjadi pada November.

Seperti yang dapat kita lihat, laporan makroekonomi utama pekan ini bukanlah pertanda baik untuk dolar. Jika Nonfarm Payrolls November setidaknya memenuhi perkiraan (belum lagi "zona merah"), ini akan menjadi semacam tes stres untuk narasi penurunan suku bunga Fed pada paruh pertama tahun 2024.Penting untuk diingat bahwa, menurut CME FedWatch Tool, probabilitas untuk mempertahankan suku bunga pada level saat ini pada bulan Mei hanya 12%. Pada saat yang sama, probabilitas penurunan sebesar 25 basis poin setelah pertemuan bulan Mei adalah 43%, dan penurunan 50 basis poin adalah 39%. Pasar tidak mengesampingkan penurunan sebesar 75 basis poin meskipun kemungkinannya hanya 5% (masih di bawah nol, merupakan hal yang penting).

Dengan demikian, terlepas dari penguatan mata uang Amerika secara keseluruhan, tidak mungkin untuk berbicara tentang pembalikan tren pada pasangan EUR/USD. Tidak ada alasan yang kuat untuk penurunan harga yang berkelanjutan (ini adalah kata kuncinya). Sebaliknya, risiko pelemahan greenback cukup tinggi. Begitu geopolitik kembali memanas, kenaikan dolar akan melemah, dan penurunan harga lebih lanjut akan dipertanyakan. Selain itu, Nonfarm Payrolls dapat membawa kembali diskusi mengenai penurunan suku bunga Fed dalam enam bulan ke depan.

Oleh karena itu, terlepas dari posisi jual yang menggiurkan, lebih baik menahan diri untuk tidak menjual EUR/USD karena impuls penurunan terlihat tidak dapat diandalkan. Selain itu, yang terpenting, tidak dapat dibenarkan. Dalam jangka pendek, disarankan untuk tetap berada di luar pasar.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.