Note

Moody’s Pangkas Rating Kredit China Jadi Negatif, Indeks Saham China Rontok

· Views 35
Moody’s Pangkas Rating Kredit China Jadi Negatif, Indeks Saham China Rontok
Moody’s Pangkas Rating Kredit China Jadi Negatif, Indeks Saham China Rontok. (Foto: Freepik)

IDXChannel - Moody’s Investors Service memangkas peringkat kredit China menjadi negatif. Penurunan ini menggarisbawahi kekhawatiran global yang semakin mendalam terhadap tingkat utang di negara dengan perekonomian terbesar kedua dunia ini.

Moody's mengafirmasi peringkat kredit China pada A1 pada tanggal 5 Desember namun merevisi prospeknya dari "stabil" menjadi "negatif". Rendahnya pertumbuhan ekonomi jangka menengah yang berkelanjutan dan restrukturisasi sektor properti yang sedang berlangsung membuat Moody’s harus melakukan pemangkasan tersebut.

Baca Juga:
Moody’s Pangkas Rating Kredit China Jadi Negatif, Indeks Saham China Rontok China Alami Peningkatan Kasus Pneumonia, RI Bakal Alami Hal Serupa?

Lembaga pemeringkat tersebut menyuarakan kekhawatiran mengenai semakin banyaknya bantuan keuangan yang diberikan oleh pemerintah dan sektor publik yang lebih luas kepada pemerintah regional dan lokal dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengalami kesulitan keuangan.

“Penggunaan stimulus fiskal oleh China untuk mendukung pemerintah daerah dan perusahaan milik negara menimbulkan risiko negatif terhadap perekonomian negara tersebut,” ujar Moody’s dikutip Bloomberg News, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga:
Moody’s Pangkas Rating Kredit China Jadi Negatif, Indeks Saham China Rontok China Kewalahan Tangani Pasien Pneumonia, 1 Dokter Tangani 180 Pasien

Perubahan ini terjadi seiring dengan memburuknya kondisi properti di China yang memicu peralihan ke arah stimulus fiskal, dimana negara tersebut meningkatkan pinjamannya sebagai langkah utama untuk meningkatkan perekonomiannya.

Hal ini telah menimbulkan kekhawatiran mengenai tingkat utang negara tersebut karena Beijing menerbitan obligasi mencapai rekor tertinggi tahun ini.

Baca Juga:
Moody’s Pangkas Rating Kredit China Jadi Negatif, Indeks Saham China Rontok Meta Hapus Ribuan Akun Berbasis di China, Ini Alasannya

Dilaporkan China telah menyetujui penerbitan utang negara senilai 1 triliun yuan pada 25 Oktober lalu.

Media pemerintah China mengatakan dana sebesar 1 triliun yuan yang diterbitkan oleh pemerintah pusat akan ditransfer ke pemerintah daerah.

“Jumlah pendanaan tambahan secara keseluruhan tampaknya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan basis pendanaan pemerintah daerah,” kata Rain Yin, direktur asosiasi di S&P Global Ratings.

“Ini kira-kira sekitar 5 persen dari pendapatan transfer atau 2 persen dari total pendapatan pemerintah daerah. Namun, pendanaan ini bisa menjadi sangat penting dan bermakna dalam mendukung provinsi-provinsi tertentu, terutama di daerah-daerah yang terkena dampak bencana dan memerlukan lebih banyak pinjaman untuk mendukung pemulihan dan pembangunan ekonomi lokal,”imbuh Yin. 

Moody's terakhir kali memangkas peringkat kredit China pada 2017, dari Aa3 menjadi A1 karena kemungkinan peningkatan signifikan dalam utang perekonomian secara keseluruhan dan dampaknya terhadap keuangan negara. Ini merupakan penurunan peringkat utang China yang pertama sejak tahun 1989.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.