Note

Inilah Kelebihan Saham Biasa yang Wajib Diketahui Investor

· Views 47
Inilah Kelebihan Saham Biasa yang Wajib Diketahui Investor
Inilah Kelebihan Saham Biasa yang Wajib Diketahui Investor. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Ada beberapa kelebihan saham biasa yang wajib diketahui calon investor saat ingin terjun ke pasar modal. 

Saham biasa atau common stock adalah surat berharga yang menyatakan kepemilikan seseorang atas saham yang dibelinya dari sebuah perusahaan. Secara umum, saham biasa dapat menjadi investasi yang baik bagi banyak orang. Meski demikian, investor juga perlu memahami kemungkinan risikonya sebelum berinvestasi.

Baca Juga:
Inilah Kelebihan Saham Biasa yang Wajib Diketahui Investor Cara Menghitung Dividen Saham Biasa, Sudah Tahu?

Lantas, apa saja kelebihan saham biasa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Kelebihan Saham Biasa

Saham biasa memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan jenis saham lain seperti saham preferen atau preferred stock. Berikut beberapa karakteristik saham biasa yang perlu Anda ketahui. 

Baca Juga:
Inilah Kelebihan Saham Biasa yang Wajib Diketahui Investor Apa itu Saham Treasuri: Definisi, Contoh, dan Bedanya dengan Saham Biasa 
  • Saham biasa memiliki hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk menentukan jajaran manajemen perusahaan dan melakukan kontrol atas kebijakan perusahaan.
  • Saham biasa memiliki potensi keuntungan jangka panjang yang besar, terutama ketika kinerja perusahaan dan harga saham meningkat. 
  • Saham biasa tidak dapat ditukar menjadi saham preferen.
  • Pemegang saham biasa memiliki hak perolehan bagian aset perusahaan terakhir setelah perusahaan membagikan perolehan terlebih dulu untuk kreditor dan pemegang saham preferen.

Jika dibandingkan jenis saham lain, saham biasa memiliki sejumlah kelebihan yang bisa mendatangkan keuntungan bagi investor. Berikut beberapa kelebihan saham biasa yang perlu Anda ketahui. 

1. Dapat Diperjualbelikan

Salah satu kelebihan saham biasa adalah mudah diperjualbelikan. Saham biasa tidak memiliki jangka waktu kepemilikan atau tempo pembelian sehingga memungkinkan investor untuk melakukan diversifikasi. 

2. Potensi Keuntungan dari Capital Gain

Saham biasa juga memungkinkan pemiliknya untuk memperoleh keuntungan dari capital gain. Harga saham biasa yang diperjualbelikan di pasar modal dapat naik dan turun karena berbagai faktor mulai dari kinerja keuangan perusahaan, kondisi ekonomi, dan sentimen pasar. Apabila harga saham sedang naik, maka pemegang saham bisa memperoleh capital gain atau keuntungan jika melakukan penjualan saham. 

3. Potensi Keuntungan dari Dividen

Pemegang saham biasa juga bisa mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen. Dividen merupakan pembagian keuntungan perusahaan kepada seluruh pemegang sahamnya. Biasanya, dividen dibagikan secara berkala dalam periode waktu tertentu. Besarnya dividen yang diterima oleh pemegang saham tergantung pada kebijakan perusahaan. Dividen ini bisa memberikan aliran pendapatan yang stabil bagi pemegang saham. 

4. Memiliki Hak Suara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saham biasa memungkinkan pemiliknya untuk memiliki hak suara dalam menentukan hal-hal penting yang menyangkut perusahaan seperti pemilihan direksi dan keputusan penting perusahaan. Hak suara ini dapat digunakan untuk mempengaruhi arah perusahaan.

5. Pemegang Saham Biasa Tidak Bertanggung Jawab Terhadap Perusahaan

Pemegang saham biasa tidak bertanggung jawab secara pribadi atas utang perusahaan. Dengan demikian, perusahaan bangkrut, pemegang saham tidak memiliki kewajiban untuk membayar utang perusahaan tersebut. Hal ini memberikan perlindungan bagi pemegang saham biasa dari risiko kebangkrutan perusahaan.

Itulah beberapa kelebihan saham biasa yang perlu Anda ketahui jika ingin berinvestasi di pasar modal.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.