Note

Jasa Marga (JSMR) Anggarkan Rp10 Triliun untuk Belanja Modal, Ini Sumber Dananya

· Views 29
Jasa Marga (JSMR) Anggarkan Rp10 Triliun untuk Belanja Modal, Ini Sumber Dananya
PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp10 triliun untuk 2024.

IDXChannel - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp10 triliun untuk  2024. Perseroan mengungkapkan bahwa anggaran capex tahun depan diperoleh dari sejumlah sumber dana.

“Berkaitan dengan total capex ke depan, akan kami kombinasikan antara dana dari perbankan dan capital market. Kami akan lihat mana yang paling bisa memberikan kapasitas terbaik,” kata Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita dalam konferensi pers di Jakarta pada Senin (4/12/2023).

Baca Juga:
Jasa Marga (JSMR) Anggarkan Rp10 Triliun untuk Belanja Modal, Ini Sumber Dananya Tunggu Restu Pemerintah, Jasa Marga (JSMR) Siap Bagi Dividen Lebih dari 20 Persen

Adapun, anggaran belanja modal perseroan akan dialokasikan untuk membiayai sejumlah proyek tol yang tengah digarap. Besaran anggaran belanja modal bergantung pada proses pembebasan lahan dan progres konstruksi di jalan tol baru yang saat ini sedang dibangun perseroan.

Dia melanjutkn, pada  2024 perseroan akan berfokus pada pembangunan lima proyek jalan tol yakni, proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 64 kilometer, Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 kilometer.

Baca Juga:
Jasa Marga (JSMR) Anggarkan Rp10 Triliun untuk Belanja Modal, Ini Sumber Dananya Jasa Marga (JSMR) Kasih Bocoran Mau Tebar Dividen di 2024, Ini Besarannya

Kemudian Jalan Tol Jogja-Bawen sepanjang 75,82 kilometer, Jalan Tol Jogja-Solo sepanjang 96,57 kilometer dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 171,50 kilometer.

“Jadi akan dioptimalkan dari dua sumber dana tersebut (perbankan dan capital market),” kata Atika.

Perihal kinerja, per kuartal III 2023 perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp5,97 triliun.  Di mana sebesar Rp4,1 triliun dari laba bersih. Laba ini merupakan dampak dari pemenuhan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 22 tentang Kombinasi Bisnis sehubungan konsolidasi kembali.

Konsolidasi ini mencakup PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), dan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) melalui akuisisi saham PT Lintas Marga Jawa (LMJ) oleh PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) di bulan Juli 2023.

Sementara itu, pendapatan usaha JSMR tercatat sebesar Rp11 triliun atau tumbuh 7,7%, yang merupakan kontribusi dari kinerja pendapatan tol sebesar Rp9,8 triliun yang meningkat 5,1% dari kuartal III tahun 2022, serta kontribusi kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp1,2 triliun atau naik 34,8% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, realisasi EBITDA perseroan juga meningkat, yaitu mencapai Rp6,8 triliun, meningkat 5,7% dari kuartal III tahun 2022 dengan realisasi EBITDA margin mencapai level 62,1% di tengah pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif atas kenaikan volume lalu lintas perseroan.

(NIY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.