Note

Jokowi Ungkap Indeks Infrastruktur Indonesia Semakin Baik

· Views 46

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap indeks infrastruktur Indonesia yang semakin baik. Hal tersebut diutarakannya dalam acara silaturahmi dengan pegiat infrastruktur di Istana Kepresidenan, Senin (4/12).

Berdasarkan laporan IMD Global, kata Jokowi, competitiveness index bidang infrastruktur Indonesia berada di peringkat 54 pada 2014. Kemudian naik ke posisi 51 saat ini.

"Artinya meningkat meskipun juga belum melompat. Kita ini kerja keras dalam bidang infrastruktur," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta kementerian-kementerian meniru kecepatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam merealisasikan anggaran.

Jokowi mengatakan kementerian yang dipimpin oleh Basuki Hadimuljono itu biasanya mulai merealisasikan anggaran sejak Januari.

"Kementerian PUPR itu biasanya paling mendahului dalam pengerjaan realisasi anggaran. Dibanding kementerian lain selalu mendahului. Itu yang bagus," ujar Jokowi.

"Itu yang saya tekankan kepada kementerian lain untuk meniru PUPR," lanjutnya.

Jokowi mengatakan Indonesia yang memiliki 17 ribu pulau membutuhkan infrastruktur baik itu untuk konektivitas seperti pelabuhan dan bandara maupun infrastruktur dalam rangka penyediaan air.

Ia mengatakan setidaknya ada empat alasan pembangunan infrastruktur terus digenjot. Pertama, untuk mengefisiensikan biaya logistik. Kedua untuk menarik investor.

"Ketiga kita ingin menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Dengan infrastruktur baru akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," katanya.

Alasan yang keempat, kata Jokowi, adalah untuk konektivitas sosial dan budaya.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.