Note

Tol Luar Jawa Mulai Ramai, Segini Kontribusinya ke Pendapatan Jasa Marga

· Views 34
Tol Luar Jawa Mulai Ramai, Segini Kontribusinya ke Pendapatan Jasa Marga
Foto: Shafira Cendra Arini/Detikcom
Jakarta

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan kinerja positif dari ruas-ruas tol di luar Pulau Jawa terhadap pendapatan perusahaan. Per September kemarin, tercatat kontribusi dari ruas-ruas tol tersebut mencapai lebih dari 10% terhadap pendapatan perusahaan.

Informasi ini disampaikan oleh Corporate Finance dan Investor Relation Senior Group Head Jasa Marga, Haning Pangastuty dalam Paparan Kinerja Jasa Marga s.d Kuartal III 2023. Adapun pengelolaan tol-tol di luar Pulau Jawa berada di bawah naungan anak usahanya yakni Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Nusantara Division.

"Kita up to 10% dari total revenue kita. Jadi alhamdulillah semakin membaik," kata Haning di Kantor Pusat Jasa Marga Jakarta Timur, Senin (4/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Nusantara Division sendiri mengelola jaringan tol yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, hingga Bali. Hanung cukup terkejut melihat perkembangannya, di mana dari waktu ke waktu nilainya terus bertumbuh positif.

"Terkait dengan Regional Nusantara ini, surprise ya karena ternyata kontribusinya setiap tahunnya berangsur membaik," ujarnya.

Sementara itu, hingga Kuartal III 2023 ini, Jasa Marga juga mencatatkan kinerja positif. Perusahaan berhasil mengantongi pendapatan usaha sebesar Rp 11 triliun atau naik 7,7% secara tahunan (year-on-year/yoy). Demikian juga EBITDA (pendapatan setelah pajak) Rp 6,83 triliun naik 5,7%.

Angka tersebut berasal dari kontribusi kinerja pendapatan tol sebesar Rp 9,8 Triliun yang meningkat 5,1% dari Kuartal III Tahun 2022, serta kontribusi kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp 1,2 Triliun atau naik 34,8% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Haning mengatakan, kontribusi terbesar masih diberikan dari ruas tol di Pulau Jawa.

"Kalau penggerak utama majority masih dari Jalan Tol Tans Jawa (JTT) dan (Jasa Marga) Tol Metropolitan Area. Jadi, keduanya memang di-support dari growth traffic dan juga revenue dari kedua regional utama yang ada di Jasa Marga," paparnya.

Sebagai tambahan informasi, ruas-ruas tol yang berada di bawah pengelolaan Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Nusantara Division antara lain Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Tol Manado-Bitung, serta Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa.

(shc/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.