Note

Bakrie Brothers Lepas Fizroy Offshare Demi Pangkas Utang Rp13,2 Triliun

· Views 41

Pasardana.id– PT Bakrie & Brothers Tbk(IDX:BNBR) kian rajin membayar utang dengan cara menukar saham perseroan dan aset investasi.
Terbaru, emiten induk usaha grup Bakrie itu membayar utang senilai USD860,03 juta atau senilai Rp13,23 triliun kepada Glencore International AG.
Caranya, Glencore terlebih dahulu mengalihkan piutangnya pada BNBR kepada Telopea Invesment Ltd. Lalu, BNBR akan menyerahkan invetasinya pada Fitzroy Offshore ltd.
“Dampaknya, utang BNBR berkurang USD860,03 juta atau Rp13,23 triliun,” tulis Sekretaris Perusahaan BNBR, Christofer A Uktolseja dalam keterangan resmi, Senin(4/12/2023).
Dalam laporan keuangan kuartal III 2023 dijelaskan pada tanggal 30 November 2011, BNBR menandatangani Master Confirmation for Share Swap Transactions dengan Glencore dengan jumlah komitmen transaksi senilai USD200 juta.
Berdasarkan perjanjian tersebut BNBR mempunyai opsi untuk membeli saham BUMI mulai enam bulan dan terakhir tiga puluh bulan setelah tanggal transaksi pertama, pada harga sebesar rata-rata tertimbang harga yang direalisasikan Glencore ditambah biaya transaksi.
Untuk dapat melaksanakan opsi tersebut, BNBR melakukan pembayaran uang muka tertentu setiap enam bulan yang jumlahnya ditentukan oleh Glencore. Transaksi ini menghasilkan derivatif liabilitas pada tanggal 30 September 2023 sebesar Rp12,7 triliun.
Sedangkan terkait aset investasi pada Fitzroy Offshore Ltd dimulai perjanjian Mutual Investment Agreement dengan (Fitzroy), perusahaan yang didirikan di Kepulauan Marshall yang tidak terafiliasi dengan BNBR pada pertengahan Mei 2018, dengan nilai investasi sebesar USD416 juta.
BNBR mengikatkan diri dengan Fitzroy dalam bentuk opsi untuk menjual aset berupa 806.595.000 saham BUMI yang dimilikinya. Apabila kondisi yang disyaratkan dalam perjanjian telah terpenuhi, maka BNBR dapat memperoleh kembali sejumlah nilai investasi awal ditambah keuntungan hasil investasi dan Perusahaan wajib menyerahkan Saham BUMI kepada Fitzroy.
Pada tanggal 30 September 2023, nilai buku neto aset keuangan yang diukur pada nilai wajar melalui laba rugi masing-masing sebesar Rp22,8 miliar dan USD830,5 juta atau setara dengan Rp12,5 triliun.
Sebelumnya, BNBR telah menbayar utang senilai Rp6,369 triliun kepada cara menerbitkan 99.527.840.300 saham seri E dengan harga pelaksanaan Rp64 per lembar pada tanggal 30 November 2023.
Adapun penyerap Obligasi Wajib Konversi itu terdiri dari Levoca Enterprise Ltd, Port Fraser International Ltd, dan PT Prima Elok Makmur

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.