Note

GBP/USD menjaga momentum kenaikan: Akankah arah angin berubah?

· Views 54

Pasar memperhitungkan segala hal. Namun, ada saatnya ketika banyak faktor sudah tercermin dalam kuotasi pasangan mata uang tertentu. Pada bulan November, obligasi Departemen Keuangan Amerika Serikat mencatat kinerja terbaik dalam beberapa dekade, mengakibatkan penurunan signifikan dalam imbal hasil. Indeks saham global tumbuh dengan laju tercepat dalam tiga tahun. Semua ini menunjukkan perbaikan dalam selera risiko global dan menciptakan dorongan bagi GBP/USD atau, lebih tepatnya—telah menciptakannya. Apakah sudah saatnya mengatakan bahwa poundsterling membutuhkan pendorong baru untuk melanjutkan reli?

Bersamaan dengan meningkatnya selera risiko, keuntungan penting bagi poundsterling adalah lambannya Bank of England. Pasar jangka pendek mengharapkan pemotongan suku bunga repo hanya sebesar 75 basis poin pada tahun 2025. Menurut perkiraan investor, proses ekspansi moneter akan dimulai pada bulan Agustus. Untuk Federal Reserve dan ECB, skenario yang berbeda berlaku. Kedua bank sentral akan memangkas suku bunga kunci mereka sebesar 125 basis poin dan memulai pada Maret-April. Akibatnya, karena perbedaan dalam kebijakan moneter, poundsterling terlihat lebih baik dibandingkan dengan dolar AS dan euro.

Alasan dari kelambanan Bank of England dapat ditemukan dalam pertumbuhan upah yang lebih tinggi di Inggris dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya. Brexit telah menjadi penghalang bagi tenaga kerja murah, dan orang Inggris tidak akan bekerja dengan bayaran rendah. Menurut survei terbaru, 47,4% pekerja upah optimis tentang prospek mereka dalam lima tahun ke depan. Sementara itu, 58,4% responden memperkirakan resesi.

Dinamika Inflasi dan Rata-Rata Upah di Inggris

GBP/USD menjaga momentum kenaikan: Akankah arah angin berubah?

Pasar tenaga kerja yang kokoh menjadi faktor pembatas bagi ekspansi moneter Bank of England. Menurut Andrew Bailey, bank sentral akan melakukan segala yang mungkin untuk mengembalikan inflasi ke target 2%, tetapi pembahasan mengenai penurunan suku bunga repo pada tahap ini dianggap tidak tepat. Anggota baru Komite Kebijakan Moneter, Megan Greene, menguatkan pandangan ini. Menurutnya, biaya pinjaman harus tetap pada titik datar untuk jangka waktu yang lama, karena risiko inflasi kembali saat ini lebih tinggi daripada ketakutan resesi.

Memang, bacaan akhir menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di sektor manufaktur tumbuh dari 44,8 menjadi 47,2 pada bulan November, melebihi perkiraan awal. Meskipun indikator tetap berada di bawah level kritis 50 selama 16 bulan berturut-turut, Inggris sejauh ini berhasil menghindari penurunan. Akankah berhasil dalam waktu dekat? Cerita tentang pendaratan yang lembut akan menjadi berita baik untuk GBP/USD.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
GBP/USD menjaga momentum kenaikan: Akankah arah angin berubah?

Dengan demikian, ketetapan Bank of England bermain untuk keuntungan poundsterling, tetapi beberapa penurunan dalam selera risiko global akibat ekspektasi statistik pasar tenaga kerja AS yang kuat untuk November dapat menyebabkan koreksi pada pasangan yang dianalisis.

Secara teknis, pada grafik harian GBP/USD, ketidakmampuan para bull untuk membuktikan diri di atas 1,27 dianggap sebagai tanda pertama kelemahan mereka. Masa depan poundsterling akan bergantung pada apakah para bear dapat menyerang support di 1,2615-1,2630. Rebound akan memungkinkan posisi beli dengan target pada 1,29. Sebaliknya, breakdown akan meningkatkan risiko pullback.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.