Note

UNTR Resmi Kuasai Tambang Nikel Seharga Rp3,2 Triliun

· Views 64

Pasardana.id– PT Danusa Tambang Nusantara (DTN), anak usaha PT United Tractors Tbk (IDX:UNTR) telah menyelesaikan pembelian PT Stargate Pasific Resouces (“SPR”) dan PT Stargate Mineral Asia (SMA) dengan total transaksi Rp3,2 triliun.

Sekretaris Perusahaan UNTR, Sara K Loebis menjelaskan, terhitung sejak tanggal 30 November 2023 Perseroan telah efektif memiliki sahamsaham dalam SPR dan SMA

Jelasnya, anak usaha perseroan, PT Danusa Tambang Nusantara (“DTN”) telah membeli  PT Stargate Pasific Resouces (“SPR”) yang dimiliki oleh PT Anugerah Surya Pasific Resources (“ASPR”) yang setara dengan 89.99871 persen dan PT Anugerah Surya Investama (“ASI”) yang setara dengan 0,00009 persen dari, seluruh modal saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam SPR.

“DTN telah menyelesaikan pembayaran kepada  ASPR atas 69,9991 persen saham yang dimiliki ASPR dan ASI atas 0,0009 persen saham yang dimiliki oleh ASI untuk pengambilalihan saham-saham dalam SPR sebesar Rp3.185.394.391.241 yang setara dengan 70 persen dari seluruh modal saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam SPR,” tulis Sara dalam keterangan resmi, Senin(4/12/2023).

Pada saat yang sama, Danusa Tambang Nusantara telah melakukan pembyaran pembelian 90 persen saham pada PT Stargate Mineral Asia (“SMA”) senilai Rp41,95 miliar.  Anak usaha perseroan membeli 89 persen saham SMA dari ASPR  dan 1 persen milik SPR.

Dalam keterangan resmi emiten penjual alat berat dan tambang grup Astra ini pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (6/12/2022) bahwa rencana itu tertuang dalam perjanjian jual beli bersyarat antara DTN dan kedua penjual pada tanggal 3 Desember 2022.

“Tujuan transaksi untuk melakukan diversifikasi kegiatan usaha ke pertambangan dan pengolahan nikel,” tulis manajemen UNTR.

Ditegaskan, nilai total kedua transaksi ini mencapai USD271,83 juta atau setara dengan Rp4,279 triliun, sehingga bukan transaksi material dan afiliasi.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.