Note

Garuda (GIAA) Siapkan Dana USD50 Juta untuk Lunasi Surat Utang

· Views 42
Garuda (GIAA) Siapkan Dana USD50 Juta untuk Lunasi Surat Utang
Garuda (GIAA) Siapkan Dana USD50 Juta untuk Lunasi Surat Utang

IDXChannel - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) mengumumkan rencana aksi korporasi pelunasan sebagian surat utang dan sukuk melalui skema tender offer kepada pemegang surat utang dan sukuk, yang merupakan kreditur GIAA dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). 

Sebagaimana telah diumumkan pada 1 Desember 2023 melalui Disclosure of Information pada laman Singapore Exchange (SGX), periode partisipasi dalam tender offer tersebut akan berlangsung hingga 15 Desember 2023. Sementara pelunasan sebagian direncanakan pada 21 Desember 2023.

Baca Juga:
Garuda (GIAA) Siapkan Dana USD50 Juta untuk Lunasi Surat Utang Garuda Indonesia (GIAA) Bidik Laba Rp6,35 Triliun di Akhir 2023

Direktur Utama GIAA Irfan Setiaputra mengungkapkan, dalam rencana pelunasan sebagian surat utang dan sukuk tersebut, perseroan telah mengalokasikan dana sebanyak-banyaknya USD50 juta untuk nilai pokok atau principal. Jumlah tersebut tidak termasuk pembayaran bunga terutang atau pembayaran jumlah distribusi periodik yang terutang yang nilainya akan ditentukan kemudian. 

“Alokasi dana tersebut bersumber dari kas internal perseroan, sejalan dengan kebijakan pengelolaan kas perseroan, yang salah satunya diprioritaskan untuk penyelesaian kewajiban kepada para kreditur,” kata Irfan dalam keterangan resminya, Senin (4/12/2023).

Baca Juga:
Garuda (GIAA) Siapkan Dana USD50 Juta untuk Lunasi Surat Utang Garuda Indonesia (GIAA) Menangkan Gugatan Kreditur Greylag

Irfan melanjutkan, rencana pelunasan sebagian surat utang dan sukuk ini merupakan bagian dari langkah proaktif GIAA untuk perbaikan kinerja ekuitas, melalui pengelolaan secara aktif atas aset, liabilitas dan ekuitas untuk mengoptimalkan efektivitas profil arus kas perseroan, serta fundamental kinerja operasi GIAA.

Aksi korporasi ini, kata Irfan, juga menjadi representasi goodwill secara berkelanjutan, dalam memastikan proses penyelesaian kewajiban terhadap para kreditur dapat menjadi semakin agile dan prudent. 

Baca Juga:
Garuda (GIAA) Siapkan Dana USD50 Juta untuk Lunasi Surat Utang Garuda Indonesia Perkuat Landasan Hukum Restrukturisasi Utang

Pelunasan sebagian ini juga telah mempertimbangkan volatilitas pasar yang terjadi saat ini termasuk peningkatan suku bunga di pasar mata uang dolar Amerika Serikat (AS).

Adapun hal-hal lebih teknis terkait dengan mekanisme pelunasan sebagian tersebut dapat dirujuk pada keterbukaan informasi di SGX.

"Langkah korporasi yang kami laksanakan jelang penutupan tahun 2023, turut merepresentasikan komitmen kami untuk terus bergerak adaptif dalam mengoptimalkan langkah perbaikan fundamental kinerja operasi, dengan memperhatikan secara seksama outlook ekonomi makro guna menjaga momentum pemulihan kinerja perseroan,” tutur Irfan.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.