Note

Gelar Ratas, Jokowi Bahas Pendirian Indonesia Tourism Fund

· Views 36
Gelar Ratas, Jokowi Bahas Pendirian Indonesia Tourism Fund
Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas (ratas) dengan sejumlah jajarannya di Istana Merdeka, Senin (4/12/2023).

IDXChannel - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) sejumlah jajarannya di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/12/2023). Dalam ratas ini untuk membahas rencana pendirian dana kepariwisataan Indonesia atau Indonesia tourism fund. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno selepas ratas mengatakan, pendirian dana kepariwisataan tersebut bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan ajang promosi pariwisata.

Baca Juga:
Gelar Ratas, Jokowi Bahas Pendirian Indonesia Tourism Fund Sembilan Tahun Pemerintahan Jokowi, Ini Gambaran Indeks Pembangunan Infrastruktur RI 

"Bapak Presiden memberikan arahan untuk mendirikan Indonesia tourism fund atau dana kepariwisataan Indonesia, yaitu sebuah dana yang difokuskan untuk mendukung penyelenggaraan event promosi pariwisata dan juga nation branding atau peningkatan image Indonesia di mata dunia," kata Sandiaga, Senin (4/12/2023).

Sandiaga melanjutkan, banyak ajang internasional yang diselenggarakan di Indonesia telah sukses dan memberikan dampak ekonomi.

Baca Juga:
Gelar Ratas, Jokowi Bahas Pendirian Indonesia Tourism Fund Jokowi Luncurkan Sertifikat Tanah Elektronik, Bisa Jadi Agunan ke Bank

Ajang tersebut antara lain Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, KTT ASEAN, dan ajang-ajang ekonomi kreatif seperti olahraga, musik, hingga seni budaya. 

"Sebagai contoh Moto GP yang diselenggarakan bulan Oktober berhasil meningkatkan dampak ekonomi di atas Rp8 triliun dan NTB sendiri menjadi penyumbang pergerakan terbesar bisnis di bulan Oktober, ini karena ada satu event yang menjadi event unggulan. Nah kita berharap ratas ini akan segera ditetapkan Perpres di 2024 dana pariwisata bisa dioperasikan," kata dia.

Jokowi juga memberikan arahan kepada jajarannya agar dana kepariwisataan Indonesia tersebut dapat dikelola penuh dengan tata kelola yang baik dan penuh kehati-hatian.

Dia juga berpesan agar jajarannya mampu menghadirkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan sehingga kunjungan wisatawan meningkat.

"Arahan Bapak Presiden arah kelembagaan ini tentunya akan dikelola penuh dengan tata kelola yang baik, secara hati-hati akan memilih  event-event  kualitas dunia yang akan nanti meningkatkan perekonomian lokal maupun juga nasional sehingga pemerintah memiliki daya saing yang meningkat dari segi bidding untuk beberapa event besar, mulai dari MICE dan event-event  dunia lainnya," katanya.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa untuk mengelola dana kepariwisataan Indonesia tersebut, pemerintah tidak akan membuat lembaga baru, melainkan akan dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Seperti dana kebudayaan, dana kepariwisataan juga akan melibatkan semua pemangku kepentingan yang berkaitan dengan kepariwisataan.

"Juga dibicarakan target untuk tahun pertama sekitar Rp2 triliun dana yang dikelola dan nanti dari hasilnya ini akan mendukung  event-event baik event nasional, event internasional dan kami akan menyusun calendar of event  mana yang nanti akan dikurasi secara penuh kehati-hatian untuk diajukan agar bisa ditetapkan oleh pemerintah menjadi event yang akan didukung oleh Indonesia tourism fund  ini," tandasnya.

(NIY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.