Note

Yen Jepang Menguat Mendekati Tertinggi Tiga Bulan terhadap USD, Tampaknya Siap untuk Menguat Lebih Lanjut

· Views 52
Bagikan:
  • Yen Jepang memulai minggu baru dengan catatan yang lebih kuat dan menyentuh level tertinggi tiga bulan terhadap USD.
  • Kombinasi beberapa faktor yang mendorong minat investor terhadap aset-aset berisiko dan mendorong permintaan terhadap safe haven JPY.
  • Ekspektasi Fed yang dovish, penurunan imbal hasil obligasi AS melemahkan USD dan memberikan tekanan ke bawah pada USD/JPY.

Yen Jepang (JPY) melanjutkan kenaikan kuat pada hari Jumat terhadap Dolar AS (USD) dan memulai minggu baru dengan catatan positif, menyeret pasangan USD/JPY ke level terendah tiga minggu, di sekitar area 146,25-146,20 selama sesi Asia. Konflik yang meningkat di Timur Tengah, bersama dengan kekhawatiran akan wabah penyakit pernapasan seperti COVID-19 di Tiongkok, mengurangi minat para investor terhadap aset berisiko. Hal ini terjadi di tengah spekulasi tentang perubahan besar dalam sikap kebijakan Bank of Japan (BoJ) di awal tahun depan dan ternyata menjadi faktor kunci yang terlihat meningkatkan status safe haven JPY.

Sementara itu, kenaikan JPY tampaknya tidak terpengaruh oleh komentar yang kurang hawkish dari para pembuat kebijakan BoJ baru-baru ini, yang mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk memperdebatkan keluarnya BoJ dari suku bunga negatif. Di sisi lain, USD terus digerogoti oleh meningkatnya spekulasi bahwa Federal Reserve (The Fed) akan mempertahankan status quo pada pertemuan kebijakan bulan Desember dan mulai memangkas suku bunga pada paruh pertama tahun 2024. Bahkan upaya Ketua The Fed Jerome Powell pada hari Jumat untuk memoderasi ekspektasi penurunan suku bunga juga tidak banyak membantu untuk memberikan kelonggaran pada dolar atau meredakan tekanan bearish yang mengelilingi pasangan USD/JPY.

Para pelaku pasar saat ini melihat data makro penting AS yang dijadwalkan pada awal bulan baru, termasuk laporan pekerjaan bulanan AS yang diawasi dengan ketat, atau data Nonfarm Payrolls, yang akan dirilis pada hari Jumat untuk mendapatkan dorongan yang berarti. Namun demikian, latar belakang fundamental yang disebutkan di atas menunjukkan bahwa yang paling mungkin bagi pasangan USD/JPY adalah ke arah bawah. Hal ini, pada gilirannya, mendukung prospek kelanjutan pullback tajam baru-baru ini dari area 152,00, atau puncak tahun berjalan yang disentuh pada bulan November di tengah jadwal ekonomi AS yang tipis pada hari Senin, yang menampilkan satu-satunya rilis data Pesanan Pabrik.

Intisari Penggerak Pasar Harian: Yen Jepang Menarik Aliran Safe Haven di Tengah Ketegangan Geopolitik dan Wabah Penyakit Pernapasan di Tiongkok

  • Sebuah kapal perusak AS dan tiga kapal komersial yang beroperasi di Laut Merah menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak dan rudal balistik pada hari Minggu.
  • Dan tanggung jawab atas serangan terbaru ini diklaim oleh pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman.
  • Hal ini terjadi setelah pesawat-pesawat tempur Israel menggempur Gaza pada hari Jumat dan pembicaraan untuk memperpanjang gencatan senjata yang telah berlangsung selama seminggu dengan Hamas gagal, dan menandai peningkatan besar dalam agresi maritim yang terkait dengan perang yang berkepanjangan.
  • Rumah sakit-rumah sakit di Tiongkok telah dibanjiri dengan kasus-kasus penyakit pernafasan dan anak-anak yang sakit yang mengeluhkan gejala-gejala seperti pneumonia, yang menyebabkan peningkatan pengawasan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
  • Kementerian kesehatan Tiongkok mengatakan pada hari Sabtu bahwa penyakit pernapasan disebabkan oleh patogen yang sudah diketahui dan tidak ada tanda-tanda penyakit menular baru dan merekomendasikan untuk mengurangi pertemuan besar di tempat umum.
  • Anggota dewan BoJ Noguchi berbicara pada akhir pekan dan menyampaikan bahwa tidak ada perubahan kebijakan dalam waktu dekat karena kenaikan inflasi sebagian besar disebabkan oleh faktor penekan biaya di tengah harga impor yang lebih tinggi.
  • Noguchi menambahkan bahwa meskipun negosiasi upah musim semi tahunan tahun ini mencapai kenaikan yang belum pernah terjadi selama 30 tahun, kita baru saja mencapai tahap di mana kemungkinan untuk mencapai target inflasi 2% sudah mulai terlihat.
  • Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada hari Jumat bahwa terlalu dini untuk menyimpulkan dengan yakin bahwa kita telah mencapai sikap yang cukup ketat atau berspekulasi tentang kapan kebijakan akan dilonggarkan.
  • Namun, para investor tampaknya yakin dengan gagasan bahwa The Fed telah selesai dengan serangkaian kenaikan suku bunga dan akan segera beralih ke postur pelonggaran pada tahun 2024, yang mengarah pada penurunan lebih lanjut dalam imbal hasil obligasi AS.
  • Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun merana di dekat level terendah 12 minggu dan terus melemahkan Dolar AS, memberikan tekanan turun pada pasangan USD/JPY pada hari Senin.
  • Para pedagang saat ini melihat data Pesanan Pabrik AS untuk mendapatkan dorongan menjelang IHK Tokyo pada hari Selasa dan data makro penting AS lainnya yang dijadwalkan pada awal bulan baru, termasuk laporan NFP pada hari Jumat.

Analisis Teknis: USD/JPY Tampak Berisiko di deKat Level Terendah Multi-Bulan, Penembusan Support Penting SMA 100-Hari Sedang Berlangsung

Dari perspektif teknikal, kegagalan baru-baru ini di depan level 152.00 merupakan pembentukan pola double-top bearish pada grafik harian. Penembusan dan penutupan di bawah Simple Moving Average (SMA) 100-hari pada hari Jumat semakin memvalidasi prospek negatif jangka pendek untuk pasangan USD/JPY. Namun, harga spot tersebut menemukan beberapa support di dekat area 146,20, yang mewakili level Fibonacci retracement 38,2% dari rally Juli-Oktober dan akan menjadi titik penting. Mengingat bahwa osilator pada grafik harian bertahan jauh di wilayah negatif, beberapa aksi jual lanjutan akan menyeret pasangan ini lebih jauh menuju support perantara 145,45-145,40 dalam perjalanan menuju level psikologis 145,00 dan Fibo 50%, di sekitar pertengahan 144,00-an.

Di sisi lain, setiap upaya pemulihan saat ini mungkin akan menghadapi resistance tangguh dan bertemu dengan pasokan baru di dekat level 147,00. Hal ini, pada gilirannya, akan membatasi pasangan USD/JPY di dekat titik support SMA 100-hari, yang saat ini dipatok di dekat area 147,30-147,35. Namun, kekuatan yang berkelanjutan di luar itu, dapat memicu rally short-covering dan memungkinkan harga spot untuk merebut kembali angka 148.00. Momentum dapat diperpanjang lebih jauh menuju area 148,25-148,30, atau level Fibo 23,6%.

Harga Yen Jepang hari ini

Tabel di bawah ini menunjukkan persentase perubahan Yen Jepang (JPY) terhadap mata uang utama yang terdaftar hari ini. Yen Jepang adalah yang terlemah terhadap Dolar AS.

  USD EUR GBP CAD AUD JPY NZD CHF
USD   0.16% 0.31% 0.14% 0.14% 0.17% 0.24% 0.29%
EUR -0.19%   0.16% -0.03% -0.02% -0.01% 0.09% 0.13%
GBP -0.34% -0.15%   -0.17% -0.17% -0.14% -0.07% -0.02%
CAD -0.14% 0.02% 0.18%   0.00% 0.01% 0.11% 0.16%
AUD -0.14% 0.01% 0.17% -0.01%   0.01% 0.11% 0.15%
JPY -0.21% 0.03% 0.32% -0.01% -0.02%   0.09% 0.12%
NZD -0.24% -0.08% 0.07% -0.10% -0.08% -0.07%   0.08%
CHF -0.29% -0.11% 0.04% -0.14% -0.15% -0.12% -0.04%  

Heat Map menunjukkan persentase perubahan mata uang utama terhadap satu sama lain. Mata uang dasar dipilih dari kolom kiri, sedangkan mata uang pembanding dipilih dari baris atas. Sebagai contoh, jika Anda memilih Euro dari kolom kiri dan bergerak di sepanjang garis horizontal ke Yen Jepang, persentase perubahan yang ditampilkan di dalam kotak akan menunjukkan EUR (dasar)/JPY (persentase).

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.