Note

Intip 4 Pelajaran Investasi dari Charlie Munger, Tangan Kanan Warren Buffet

· Views 49
Intip 4 Pelajaran Investasi dari Charlie Munger, Tangan Kanan Warren Buffet
Intip 4 Pelajaran Investasi dari Charlie Munger, Tangan Kanan Warren Buffet. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Miliarder Charles (Charlie) Munger meninggal dunia pada 28 November 2023 dalam usia 99 tahun. Dia merupakan tangan kanan Warren Buffett dan bersama-sama memimpin perusahaan induk, Berkshire Hathaway (BRK.A, BRK.B).

Selama hidupnya, Munger juga dikenal sebagai salah satu investor lihai. Selain lihai berinvestasi, Buffet menyebut Munger dikenal karena kecerdasan bisnisnya yang mengesankan dan kemurahan hatinya dalam berbagi nasihat investasi dengan sekelompok besar pengikut dan penggemar setianya.

Baca Juga:
Intip 4 Pelajaran Investasi dari Charlie Munger, Tangan Kanan Warren Buffet Kisah Tangan Kanan Warren Buffett, Charlie Munger dari Juru Tulis Jadi Miliarder

Dia pun sempat membagikan empat pelajaran penting dalam investasi sebelum meninggal dunia. Salah satunya yaitu diversifikasi investasi.

“Rahasia keseluruhan investasi adalah menemukan tempat yang aman dan bijaksana untuk tidak melakukan diversifikasi,” kata Munger sebelum wafat seperti dilansir dari investopedia, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga:
Intip 4 Pelajaran Investasi dari Charlie Munger, Tangan Kanan Warren Buffet Donasikan Kekayaannya sebelum Wafat, Charlie Munger: Harta Tak Dibawa Mati

Selain itu, simak 4 pelajaran investasi dari kehidupannya Munger sebelum meninggal dunia :

  1. Pengelolaan portofolio

Munger tidak aktif dalam jual beli harian. Sebaliknya, dia bekerja keras untuk mengidentifikasi posisi yang dia rasa sedekat mungkin dengan tujuan tertentu dan mempertahankannya, sering kali selama bertahun-tahun.

Baca Juga:
Intip 4 Pelajaran Investasi dari Charlie Munger, Tangan Kanan Warren Buffet Charlie Munger, Orang Kepercayaan Warren Buffet Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun

Buffett, yang terkenal karena mempertahankan beberapa posisi dalam portofolionya selama beberapa dekade, memiliki filosofi yang sama. Pada saat kematiannya, Munger dilaporkan hanya memiliki tiga saham dalam portofolio investasi pribadinya,yaitu Berkshire Hathaway, Costco (COST), dan Daily Journal Corp.

“Rahasia keseluruhan investasi adalah menemukan tempat yang aman dan bijaksana untuk tidak melakukan diversifikasi,” kata Munger.

Munger dan Buffett memiliki keyakinan yang sama bahwa peluang investasi dengan potensi nyata hanya sedikit dan jarang terjadi serta layak untuk ditunggu.

  1. Harga yang Wajar

Munger menghindari saham-saham yang mungkin diambil oleh investor lain hanya karena tampaknya saham tersebut bagus. Sebaliknya, ia memilih untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang menurutnya paling solid sebagai bisnis.

Membeli perusahaan-perusahaan ini dan kemudian berencana untuk menahannya dalam jangka panjang akan memberikan waktu bagi pasar untuk mencerminkan nilai intrinsiknya selama bertahun-tahun.

"Lupakan apa yang Anda ketahui tentang membeli bisnis yang adil dengan harga yang bagus. Sebaliknya, belilah bisnis yang bagus dengan harga yang wajar." Kata Munger.

Komponen inti pendekatan investasi Munger yaitukeyakinan akan kekuatan filosofi investasi nilai.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.