Note

Perusahaan Sektor Finansial Dominasi Pipeline Penerbitan Emisi Obligasi

· Views 55
Perusahaan Sektor Finansial Dominasi Pipeline Penerbitan Emisi Obligasi
Perusahaan Sektor Finansial Dominasi Pipeline Penerbitan Emisi Obligasi. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pipeline obligasi yang didominasi oleh emiten dari sektor finansial. Dari total 11 perusahaan yang menerbitkan emisi obligasi, 6 di antaranya merupakan perusahaan sektor finansial.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, mengatakan, sampai dengan 1 Desember 2023 terdapat 18 emisi dari 12 penerbit EBUS yang sedang berada dalam pipeline.

Baca Juga:
Perusahaan Sektor Finansial Dominasi Pipeline Penerbitan Emisi Obligasi Aksi Korporasi Sepekan, DOID Umumkan Bagi Dividen Interim hingga BRPT Terbitkan Obligasi 

"Sedangkan hingga saat ini, telah diterbitkan 106 emisi dari 57 penerbit EBUS dengan dana yang dihimpun sebesar Rp116,3 triliun," kata Nyoman kepada media, Sabtu (2/12/2023).

Per 1 Desember 2023, terdapat 18 emisi dari 12 penerbit Efek Bersifat Utang dan atau Sukuk atau EBUS. Penerbit yang paling banyak tercatat dari sektor finansial.

Baca Juga:
Perusahaan Sektor Finansial Dominasi Pipeline Penerbitan Emisi Obligasi PGN (PGAS) Siap Lunasi Utang Obligasi Global Rp2,41 Triliun

Rinciannya sebanyak 3 emiten finansial atau menempati 50,0% dari 12 penerbit ebus, lalu 3 perusahaan sektor basic materials 23%.

Kemudian sebesar 8,3% dari sektor energi, infrastruktur serta properti dan real estate juga infrastruktur masing-masing satu perusahaan.

Baca Juga:
Perusahaan Sektor Finansial Dominasi Pipeline Penerbitan Emisi Obligasi The Fed Beri Komentar Dovish, Imbal Hasil Obligasi Global Kompak Merosot

Sisanya, dari sektor consumer cyclicals, consumer non cyclicals, healthcare, industrial, teknologi dan transportasi dan logistik tercatat tidak ada yang menerbitkan emisi.

Berdasarkan data BEI, total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun 2023 adalah 106 emisi dari 57 emiten senilai Rp116,29 triliun.

Dengan pencatatan tersebut, total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 541 emisi dari 128 emiten dengan outstanding sebesar Rp461,22 triliun dan USD72,987 juta.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.