Note

IHSG Siap Perkasa di Akhir Tahun, Intip Sektor Saham Seksi Layak Koleksi

· Views 62
IHSG Siap Perkasa di Akhir Tahun, Intip Sektor Saham Seksi Layak Koleksi
IHSG Siap Perkasa di Akhir Tahun, Intip Sektor Saham Seksi Layak Koleksi (Foto MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG berpotensi menguat pada Desember 2023. Proyeksi ini ditopang oleh sejumlah faktor, termasuk di antaranya aksi window dressing. 

"Kami melihat IHSG akan menguat di Desember 2023. Kami melihat positif untuk periode Desember, di mana dalam 29 tahun terakhir, hanya 4 kali indeks mengalami koreksi, yang juga akan didorong oleh aksi window dressing," tulis riset dari Panin Sekuritas, Jumat (1/12) malam. 

Baca Juga:
IHSG Siap Perkasa di Akhir Tahun, Intip Sektor Saham Seksi Layak Koleksi Peluang IHSG Sentuh 7.100 Mungkin Belum Bisa Tercapai di Akhir 2023

Selain itu, hal ini pun didorong oleh ruang kebijakan moneter yang lebih longgar, aktivitas ekonomi yang kuat di periode Desember (peak season), tren penurunan inflasi di beberapa negara, serta stabilnya nilai tukar rupiah. 

Sebagai informasi, IHSG meningkat di November 2023 sebesar 4,9 persen (MoM) karena dorongan dari inflasi yang terkendali, mengindikasikan ruang kebijakan moneter yang lebih longgar.

Baca Juga:
IHSG Siap Perkasa di Akhir Tahun, Intip Sektor Saham Seksi Layak Koleksi IHSG Hari Ini Berakhir Melemah ke 7.059, PURI-AYAM Jadi Top Losers

Di samping itu, penggerak IHSG naik juga karena turunnya yield obligasi, mengindikasikan menariknya aset berisiko seperti saham, serta penguatan kurs rupiah. 

Sektor Saham yang Berpotensi Untung dan Buntung di Desember 2023

Baca Juga:
IHSG Siap Perkasa di Akhir Tahun, Intip Sektor Saham Seksi Layak Koleksi IHSG Akhir Pekan Dibuka Loyo ke 7.079, SILO Pimpin Top Losers

Panin Sekuritas merekomendasikan sektor konsumsi non-cylical (IDXNCYC), perbankan (IDXFIN), serta telekomunikasi (IDXINFRA) telco di penghujung tahun ini. 

Alasannya, riset tersebut mengungkapkan, IDXNCYC akan terdorong meningkatnya permintaan menjelang pemilu, periode peak season serta ekspektasi meningkatnya belanja fiskal.

"Sementara IDXFIN bakal ditopang ruang perbaikan pertumbuhan kredit, serta kualitas aset yang menunjukan perbaikan. Dan IDXINFRA telco siap bergerak positif karena meningkatnya konsumsi data di tahun politik dan akhir tahun, serta meningkatnya Average Revenue Per Unit (ARPU)," terangnya.  

"Sedangkan sektor yang diperkirakan masih akan tertekan, yakni IDXENERG batu bara karena laporan keuangan yang kurang positif, turunnya porsi energi fossil seperti batu bara," jelas riset tersebut.

Sektor saham lainnya yang diproyeksi lesu, yaitu IDXINDUS karena ekspektasi perlambatan industri karena ruang kenaikan suku bunga domestik, serta translasi kebijakan moneter yang ketat.

Pada November 2023, IDXTECH mencatatkan performa yang positif (+20,5 persen MoM) didorong oleh kenaikan saham GOTO, seiring ekspektasi kebijakan moneter yang lebih longgar serta ekspektasi meningkatnya GTV di kuartal IV-2023 ketika periode high season. Sementara itu, IDXHLTH tertekan paling dalam (-5,4 persen MoM) seiring normalisasi pendapatan per pasien. 

(FAY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.